Bagaimana Memilih Drone Berkualitas? ini yang wajib di ketahui

3427 views

Memilih drone berkualitas adalah keharusan apabila Anda menginginkan investasi pada mainan maupun peralatan yang dapat digunakan dalam waktu jangka panjang. Tidak mengherankan apabila para pecinta atau penggelut hobi menerbangkan pesawat tak berawak rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki drone favorit. Umumnya, nilai jual yang tinggi ditawarkan oleh produsen untuk perangkat yang akan digunakan secara komersial dan profesional.

drone berkualitas

pixabay

Drone atau quadcopter bukan lagi teknologi robotik yang hanya dimanfaatkan dalam dunia militer. Kini, seperti halnya mobil balap, drone berbentuk helikopter atau sejenisnya menjadi bagian dari mainan orang-orang dewasa. Mereka menekuni kegiatan ini sebagai hobi. Tentunya, diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus untuk menerbangkan drone tersebut. Itulah mengapa banyak komunitas dan wahana didirikan untuk membantu pecinta drone mengekspresikan hobi mereka.

Meskipun pilihannya semakin banyak, menentukan drone berkualitas bukan pekerjaan yang mudah. Terlepas dari apakah Anda seorang pemula atau sudah mencapai level mahir dalam menerbangkan sebuah drone, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa poin berikut ini saat hendak membeli:

  • Kualitas kamera

Bagi pengguna drone sebagai sarana pemotretan atau jurnalistik, tentunya kamera yang dapat diandalkan menjadi prioritas utama. Selain membeli drone dengan kamera berkualitas, Anda juga bisa melakukan pemasangan kamera action sendiri pada perangkat yang nanti cukup mumpuni untuk membawanya terbang.

  • Lamanya terbang

Jangka waktu rata-rata drone berkualitas untuk terbang adalah sekitar 15 menit. Dengan kisaran waktu yang tidak terlalu lama tersebut, Anda diharuskan untuk mahir dalam mengambil gambar semaksimal mungkin. Itulah mengapa dibutuhkan latihan untuk memantapkan kemampuan menjadi pilot remote.

  • Jarak tempuh selama terbang

Drone diciptakan tidak hanya memiliki kemampuan untuk terbang, tetapi juga penambahan mengunci GPS yang memungkinkanya segera kembali lagi ke titik awal saat baterai terindikasi akan habis. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari kondisi lokasi. Apabila terdapat gedung-gedung tinggi di sekitar drone yang terbang, biasanya perangkat ini akan mengalami gangguan sinyal. Itulah sebabnya drone rata-ratahanya bisa terbang sejauh 500meter hingga 1 kilometer saja.

  • Baterai

Drone berkualitas tentunya memiliki jangka waktu terbang yang lebih lama serta waktu pengisian ulang yang singkat, sekitar 2 hingga 3 jam. Agar tidak mengganggu aktivitas penggunaan, pilot sebaiknya menyiapkan baterai cadangan sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk baterai pertama kembali terisi penuh.

  • Harga

Membeli sebuah drone berkualitas bukan berarti menghabiskan semua dana Anda. Namun, tentunya Anda harus mempertimbangkan kebutuhan penggunaan perangkat tersebut. Bagi pemula, umumnya drone yang dapat digunakan bisa diperoleh sekitar kurang dari 1 juta rupiah. Untuk keperluan jurnalistik yang profesional, Anda juga bisa memilih drone dengan harga 2 juta hingga 14 juta rupiah.

Perangkat drone telah menarik perhatian banyak pihak sehingga banyak produsen yang bermunculan dengan produk-produk unggulannya. Salah satu cara mendapatkan hati para pecinta pesawat nirawak ini yaitu dengan membandrol harga yang cukup ekonomis. Namun, ada baiknya Anda tetap berhati-hati dengan penawaran harga yang jauh lebih murah dari pasaran. Pasalnya, produk penggantian atau sparepartnya nanti biasanya cukup mahal.

Bagi pemula, adapula beberapa tips bagaimana menerbangkan quarcopter, yaitu:

  • Rentang usia sebaiknya 21 ke atas dengan pemahaman etika penggunaan dan kemampuan memahami tri-trik menerbangkan drone yang baik.
  • Terbangkan perangkat Anda hanya di area terbuka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti drone yang menabrak orang atau objek.
  • Jauhkan area terbang dari gangguan sinyal seperti router dan wifi
  • Pastikan semua bagian terpasang dengan benar dan fungsinya bekerja dengan baik
  • Selalu lakukan compass calibration bagi pilot phantom atau manfaatkan fitur auto back home dengan rekomendasi ketinggian 200 kaki agar tidak menabrak pohon atau sesuatu yang cukup tinggi

Meskipun termasuk dalam hobi yang mengasyikkan, menerbangkan sebuah drone tetap harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya keamanan, baik bagi orang-orang di sekitar area penerbangan ataupun drone itu sendiri. Tabrakan yang tidak dapat dihindari dapat mengakibatkan perangkat Anda rusak. Kemungkinan lainnya yaitu orang yang tertabrak juga akan mengalami luka. Selain itu, perhatikan pula faktor etika. Jangan sampai drone berkualitas yang memiliki fitur kamera canggih justru mengganggu privasi dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain. Baca juga Harga Drone di Indonesia kira-kira berapa? ini detailnya.

Tags: #drone berkualitas #pesawat

Leave a reply "Bagaimana Memilih Drone Berkualitas? ini yang wajib di ketahui"

Author: 
    author