Tips Persiapan sebelum Menerbangkan Drone

552 views

Sebelum menerbangkan drone, ada baiknya Anda melakukan persiapan sebelum menerbangkan drone dengan matang. Sebab, alat ini bukanlah mainan biasa yang umum kita mainkan sewaktu kecil. Drone atau pesawat tanpa awak adalah alat yang awalnya digunakan untuk keperluan militer. Namun saat ini, drone telah berkembang termasuk untuk keperluan hobi dan gaya hidup. Meskipun demikian, sebagai produk mahal yang membutuhkan perhatian khusus, alat ini memang tak bisa Anda terbangkan sesuka hati. Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan terkait dengan kemampuan drone terbang hingga penggunaannya untuk kepentingan komersil. Selain untuk menghindari drone rusak, Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal tersebut agar tidak mengganggu pihak lain.Persiapan drone

Berikut ini 4 hal yang harus Anda ketahui sebagai langkah persiapan sebelum menerbangkan drone yang harus Anda perhatikan:

  1. Seberapa Jauh Anda dapat Menerbangkan Drone dengan Aman?

Kenali spesifikasi serta kemampuan drone yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda harus tahu seberapa jauh, seberapa tinggi, dan seberapa lama drone Anda bisa terbang dengan lama charge tertentu. Usahakan untuk selalu menerbangkan drone sesuai dengan kemampuannya. Jadi drone yang Anda miliki juga tidak akan mudah rusak. Apalagi, menerbangkan drone di luar jangkauan juga dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali. Hal ini harus benar-benar diwaspadai. Selain kerugian materiil karena kehilangan drone, Anda juga bisa menyebabkan kecelakaan pada orang lain akibat terganggu oleh drone. Kasus-kasus kecelakaan akibat drone hilang kendali sendiri sudah pernah terjadi di Indonesia akibat pengguna yang lalai.

  1. Dimana Anda Bisa Menerbangkan Drone dengan Aman?

Pada intinya pilihlah area yang sekiranya tidak membuat drone Anda menabrak sesuatu, baik itu manusia, bangunan, maupun pepohonan. Karenanya, pilihlah area yang luas dimana tidak terdapat bangunan serta pohon-pohon tinggi di sekitar Anda. Jadi, Anda bisa terus mengawasi drone Anda dengan kendali penuh. Hindari area-area seperti dekat sekolah, masjid, gereja, mall, perumahan, bandara, dan berbagai tempat umum lainnya.

  1. Kapan Saat yang Tepat untuk Menerbangkan Drone?

Pengetahuan yang perlu Anda ketahui sebagai persiapan sebelum menerbangkan drone selanjutnya ialah mengenai kapan waktu yang tepat untuk menerbangkan drone. Sebaiknya, puaskanlah hobi atau keperluan Anda ini di kala cuaca sedang bagus. Beberapa jenis drone memang bisa diterbangkan dengan kondisi cuaca yang tak terlalu baik. Namun, demi keawetan alat yang harganya mahal ini, tentu lebih aman untuk menerbangkannya di kala cuaca sedang cerah di siang hari. Pemilihan waktu di siang hari adalah agar Anda bisa mengawasi drone Anda agar terbang dengan aman.

  1. Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dengan Menerbangkan Drone?

Penggunaan drone bagi masyarakat sipil di Indonesia memang masih terbatas. Drone umumnya digunakan oleh mereka yang hobi dengan alat ini. Namun seiring dengan berkembangnya alat ini di Indonesia, buka tak mungkin Anda harus mengetahui masalah perizinan sebagai langkah persiapan sebelum menerbangkan drone untuk kepentingan komersil.

Setelah menguasai keempat hal di atas, lakukan tahap persiapan sebelum menerbangkan drone sebagai berikut:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan

Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Bahkan termasuk perlengkapan pribadi Anda. Bagi sebagian besar orang, menerbangkan drone adalah hobi. Karenanya, tentu Anda ingin melakukan hobi tersebut dengan kenyamanan yang baik.

  1. Pastikan Drone Anda Baik-baik saja dan Anda Sehat-sehat saja

Pastikan drone Anda tidak sedang rusak dan Anda pun dalam kondisi yang sehat. Dengan demikian, Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti drone bertabrakan dengan drone lain maupun dengan bangunan atau benda-benda tinggi di area penerbangan.

  1. Pilih tempat menerbangkan yang tepat

Sebagaimana yang disebut di atas, pemilihan tempat sebagai langkah persiapan sebelum menerbangkan drone sifatnya sangat penting. Salah pilih tempat bisa menyebabkan hal yang fatal. Akan lebih aman bila Anda menerbangkan drone bersama dengan grup. Biasanya pengelola grup sudah akan memilihkan tempat yang aman dan mengurus izin yang diperlukan.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menerbangkan drone. Semoga informasi persiapan sebelum menerbangkan drone di atas bermanfaat. Baca juga 7 Drone Paling Canggih yang Bisa Anda Beli.

Tags: #drone rusah #persiapan

Leave a reply "Tips Persiapan sebelum Menerbangkan Drone"

Author: 
    author