6 Alasan membeli laptop Non-OS

1010 views

Jika anda seorang profesional dalam pekerjaan yang mencari laptop untuk keperluan kerja dengan tanggungjawab duit jutaan lebih baik jangan baca artikel ini.

Artikel ini hanya untuk kamu yang sedang mencari-cari laptop sebagai keperluan sekolah atau anda yang akan membelikan laptop untuk anak anda. Bisa juga kamu yang sedang mencari laptop untuk keperluan game atau editing.

Kenapa?

Karena bahasan kali ini adalah tentang alasan membeli laptop Non-OS atau tanpa operasi sistem. Seorang pekerja yang professional dengan budget jutaan tentu akan terima beres dengan kualitas terjamin dan kalau perlu adakan asuransi.Surat lamaran pekerjaan

Laptop non-OS beredar di indonesia dan menjadi primadona bagi pencari laptop baru. Coba deh... jalan-jalan ke toko komputer baik itu mangga dua atau yang lainnya, banyak ditawarkan laptop tanpa OS bahkan hampir semuanya.

Lalu bagaimana ?

Masalahnya banyak yang bingung dan galau ketika ditanya pilih OS apa non-OS.

Beberapa hal dibawah ini adalah alasan yang dapat kamu gunakan untuk mempertimbangkan membeli laptop Non-OS. Jadi dengan alasan dibawah ini kamu akan mengetahui mengapa kamu membeli laptop tanpa OS.

1. Kamu awam dalam urusan komputer

Awam disini jika kamu adalah baru pertama kali akan memiliki laptop sendiri. Atau berulangkali memiliki laptop namun digunakan untuk hal diluar bidang IT misal untuk jasa pengetikan. Jadi dipastikan kamu akan banyak melakukan kesalahan baik dalam setting dan install uninstall aplikasi dan berdampak pada kesehatan laptop itu sendiri.

Perlu diketahui hampir kebanyakan orang yang mengalami frustasi dengan komputer mereka selalu meminta untuk install ulang OS.

Untuk itu bayangkan jika laptop kamu adalah Orisinil OS?

Tentu akan aman jika kamu mengerti urusan IT, karena pasti ada backup dan lain-lain yang akan kamu persiapkan sebelum hal itu terjadi.

2. Kamu suka oprek koputer

Untuk yang satu ini dapat dipastikan sudah mengetahuinya. Dan seorang opreker tidak akan membaca artikel ini.

Opreker akan melakukan bermacam-macam hal terhadap laptopnya. Biasanaya opreker akan memiliki lebih dari satu OS dalam komputernya. Bisa dua, tiga atau empat. Bahkan oreker juga sering memiliki lebih dari satu hardisk dengan masing-masing hardisk satu OS atau lebih.

Maka dari itu opreker sepertinya ogah beli OS asli.

3. Laptop dipakai banyak user

Masalah akan muncul jika banyak tangan yang menggunakan komputer kamu. Mulai dari korupt atau banyak file yang terhapus. Apalagi jika yang terhapus adalah file sistem fatal akibatnya. Atau mau coba menghapus folder System 32 pada drive C: ?

Hal itu terjadi karena banyak user akan banyak karakteristik dan pemahaman dalam bidang IT.

4. Banyak OS gratis dan keren-keren

Ini dia godaan satu lagi. Banyak OS yang tersedia secara gratis dan keren-keren semakin membuat OS berbayar tersisikan. Dibawah ini ada beberapa OS gratis yang bisa kamu pelajari satu-persatu.

Fitur dan keunggulan yang dimiliki juga tidak kalah dengan windows sebagai OS bebayar. Bahkan bagi para master hacker Windows adalah candu dan membodohi.

Beberapa OS opsi jika kamu menginginkan laptop dengan OS selain windows:

  • Linux Ubuntu
  • Kali linux
  • Mac (berbayar)
  • Solaris
  • Chrome OS
  • Android

5. Beli laptop bonus OS bajakan gratis

Bagaimana tidak menggoda, jika kebanyakan toko di Indonesia akan menawarkan OS gratis untuk diinstall di laptop baru pembeli dengan cuma-cuma. Tentu itu menjadi alasan bagi kamu untuk memilih laptop tanpa OS.

Tentu saja hal itu adalah urusan mudah bagi teknisi toko. Bahkan jika kamu mengikuti langkah-langkah install windows yang sebentar lagi akan saya berikan, dijamin install windows tidak serumit yang dibayangkan.

6. Harga laptop Non-OS lebih murah

Rentang harga yang ditawarkan untuk laptop dengan OS dan tanpa OS berkisar Rp1-2tj rupiah. Lumayan yah bisa beli hp android baru.

Atau jika kamu menginginkan OS yang dijual tersendiri artinya terpisah dari laptop dalam bentuk DVD, maka harga rata-rata DVD OS asli tersebut adalah diatas Rp2jt. Mahal kan?

Jika kamu sudah memiliki keputusan untuk membeli laptop non OS, silakan lihat daftar harga laptop murah dan beli di toko online yang  saya rekomendasikan disini.

Baca juga petunjuk membeli laptop agar tidak salah pilih.

  1. Avatar

    Erid4 years ago

    Om thanks infonya. Kalo misalkan pake os ori, masih bisa dan aman kalo instal app bajakan kaya idm, dll? Thanks

    Reply
    • khedi

      khedi4 years ago

      resiko pindak ke aplikasi bajakan itu. yang menjadi masalah bukan aplikasinya tapi semua crack. Kecuali jika crack kamu buat sendiri jadi tahu kode didalamnya.

      Reply
  2. Avatar

    Wulandri4 years ago

    Saya beli laptop HP15-af109AX yg dah ada OS Windows 10 nya. Tapi beberapa bulan ini itu laptop suka error kalau saya pakai dalam beberapa menit. Rata2 sesudah 30 menit, dia mulai error.
    Seperti kursor yg kalo lagi dipake dia gerak2 sendiri atau pindah ke file atau folder yg paling atas.
    Kalo nonton video dia suka jumping ke video yg paling pertama. Kalo buka picture secara acak dia juga suka jumping ke gmbr pertama terus seperti slide dia ganti2 terus gambarnya.
    Atau kalo pas klik Start semua icon program2nya kedip2 terus. Saya coba klik random program dia jumping ke program paling awal.

    Sebelumnya saya sudah bawa ke tokonya utk bertanya ada apa dengan laptop saya. Kata teknisnya driver VGa nya belum keinstall. Jadi sama dia diinstallin dan dikasih tahu kalo recovery lebih baik dalam keadaaan mati lalu nyalakan dan tekan F11. Oke, habis itu dia normal lagi tapi beberapa jam dipakai dia balik error lagi.
    Lalu saya coba update windows dan driver AMD nya tetap saja sama bahkan tambah parah. Dan terpaksa saya recovery dengan menghapus semua data saya dengan memencet F11 dan tidak di recovery dalam keadaan hidup.
    Pertama2 setelah selesai lancar2 saja. Tapi beberapa jam kemudian saat saya pakai muncul lagi gejala errornya.
    Pertanyaan saya yg rusak hardware nya atau OS Windows nya ya, Om? Kalo saya install ulang pake oS bajakan apa OS aslinya akan hilang? Dan misalnya hilang apa masih bisa diinstall ulang pake OS bajakan? Karena saya sudah kesal sekali dengan laptop saya. Atau karena software adobe yg saya install bajakan dan semua software2 bajakan ngaruh ke laptopnya jadi dia agak error kalo dipake? Saya cuma install adobe sama revouninstaller doang.
    Mohon bantuannya Om, karena saya sudah coba tanya ke forum HP tapi belum ada yg jawab. Saya rencananya mau timpa OS aslinya aja kalo g bikin rusak laptopnya. Saya lumayan ngerti IT dan sanggup reinstall sendiri. Saya tunggu jawabannya. Terima kasih

    Reply
    • khedi

      khedi4 years ago

      menurut saya itu kerusakan ke arah hardware. Misal terlalu panas atau yang lainnya. Untuk membuktikannya kamu bisa menggunakan OS ubuntu atau linux family lainnya. Silakan booting menggunakan Flash Disk. Jika hal itu terjadi juga maka yang rusak hardwarenya. Klaim garansi saja.
      Namun jika tidak terjadi pada linux yang di boot melalui FD silakan install ulang semua driver windows sebagai penanggulangna awal.

      Reply
  3. Avatar

    Muhammad Raihan Farandy3 years ago

    bang kalau os nya bajakan apa berpengaruh untuk gaming???

    Reply
  4. Avatar

    Marlina3 years ago

    Bang,saya beli laptop hp yang non-OS,dan diinstall sama tokonya dengan win 10 yg bajakan,dan dikenai biaya 300an. Tetapi setelah itu, laptop saya sering eror dan saya bawa ke toko itu lagi dan kembali eror,dan begitu terus,sampai mereka tidak bisa lagi memperbaikinya dan disuruh ke service hp saja. Layar laptop pernah mati sekali dan garis2, semua aplikasi tidak bisa digunakan. Lalu saya bawa ke service hp nya langsung, mereka hanya mengecek hardware atau software ny yg bermasalah. Tetapi saat dikembalikan laptop saya kosong, seperti baru beli, dan disuruh instal lagi diluar. Sebaiknya saya menggunakan windows ori atau tetap bajakan? Apakah memang toko tmpat saya beli itu yg tdk bnar menginstalnya?

    Reply
    • khedi

      khedi3 years ago

      Ada beberapa hal yang harus di pahami. Biasanya toko komputer menggunakan OS kloning dan langsung tembak di install ke laptop.
      Saran saya jika mau menggunakan OS bajakan silakan beli CD-nya (bajakan) atau download di internet.
      Kemudian di install ke laptop agan. Hasil installnya akan bersih tanpa aplikasi tambahan dari pihak ketiga.
      Setelah itu temukan CD driver laptop agan yang biasanya di sertakan didalam kardus laptop. Dan install semua driver yang di sediakan.

      Reply
  5. Avatar

    Kia3 years ago

    Haloo… Sorry ya numpang tanya nih. Saya mau beli laptop, tapi masih pemula tidak banyak tahu ttg laptop. Tapi, satu hal, saya pingin laptop yang sudah ada OS asli, biar gak ribet dan aman. Nah, pertanyaan saya, apakah nanti kalo pake OS asli lalu install aplikasi Adobe (dan apps lainnya) tapi yg bajakan bakal error? Atau biasa aja? Terimakasih, tolong bantu jawab ya….

    Reply
    • khedi

      khedi3 years ago

      asalkan aplikasi yang akan diinstall tidak corrupt maka tidak akan error

      Reply
  6. Avatar

    Agung3 years ago

    Halo om, saya beli Asus seri X454Y. Kebetulan versi DOS, dan pas beli diinstall Win 10 versi 1507. Katanya bajakan, tp pas kemaren update ke 1703 tembus. Itu bagaimana ya bisa tembus serasa like a ori?

    Reply
    • khedi

      khedi3 years ago

      itu karena di cr**k pakai KMS, jadi walau bajakan tetap bisa update seprti ori. sampai saat ini cara itu adalah cara yang paling banyak digunakan untuk mencuri windows

      Reply
  7. Avatar

    Zahra3 years ago

    Jadi intinya mending beli laptop dengan os asli atau os bajakan? Dan kemungkinan bisa nge-lek atau error itu sama saja atau lebih parah yang bajakan? Terimakasih.

    Reply
    • khedi

      khedi3 years ago

      Kalau punya uang dan laptop hanya untuk kerja harian, maka pilihannya adalah dengan OS dan asli. Kalau error dan lag itu tergantung spesidikasi dan penggunaan

      Reply
  8. Avatar

    ZaidanFadhil2 years ago

    Kalo laptop buat kegiatan sekolah,nyimpen data penting dan hanya untuk game pes 19 & fifa 19 lebih baik pakai OS asli atau OS bajakan? Jika terlalu sering untuk main game apakah berpengaruh ke OS bajakannya? Bakal sering error ga bang? Soalnya ane msh awam bngt tentang laptop hehe. Ditunggu bang jawabannya,Makasih

    Reply
  9. Avatar

    panji2 years ago

    Min OS berpengaruh gk buat coding

    Reply
    • khedi

      khedi2 years ago

      Jika kita berbicara coding lebih pada kemampuan hardware. Untuk OS tinggal penyesuaian enviromentnya saja.

      Reply
  10. Avatar

    Riswan1 year ago

    Lebih baik mana,, yg os atau non os

    Reply

Leave a reply "6 Alasan membeli laptop Non-OS"

Author: 
    author