Rahasia mengapa aplikasi android nutup sendiri + solusinya semua merek HP (pengalaman pribadi)

Aaaaaagggg.......,

ih..ih, biasa aja teriaknya.

Kurang lebih seperti itu expresi pengguna android ketika melihat aplikasi favoritnya tidak bisa dibuka dan menampilkan pesan "unfortunately BBM has stoped".

Kamu mangalaminya?

Sama seperti saya juga, bahkan bukan hanya BBM, pernah juga facebook, path, whatsapp dan yang paling parah adalah system android dengan pesan ''unfortunately android system has stopped working" atau unfortunately android UI has stopped working".

Itu artinya kebanyakan hp android akan selalu restart dan kamu belum sempat masuk ke menu apapun. aplikasi android nutup sendiri

Jika kamu mengalaminya, sekarang pasti kamu sedang mencari solusi untuk hal itu, dan banyak menemukan solusi di google namun belum berhasil.

Jangan putus asa, coba solusi dibawah ini,

Apa bedanya?

Pokoknya beda, karena ini berasal dari pengalaman pribadi.

Ohya, kalau judulnya akan memberi tahu rahasia mengapa aplikasi android nutup sendiri, itu akan dibahas setelah solusi, karena kamu pasti lebih mementingkan solusi kan?

ini dia....

Solusi aplikasi android nutup sendiri

1. hapus cache dan data aplikasi

Ini  adalah langkah awal yang mungkin bisa kamu lakukan. Menghapus data dan cache yang disimpan oleh aplikasi yang mengalami force close.

Caranya....

Masuk ke setting > apps > tuju aplikasi yang akan di benahi. Misal facebook. Kemudian pilih facebook scroll ke bawah dan pilih hapus data.

Normalnya langkah ini akan menghapus cache dan data yang disimpan facebook dan ketika kamu akan menggunakan facebook kamu harus melakukan login kembali.

Ada lagi cara lain untuk membersihkan cache adalah menggunakan aplikasi cleaner, dan yang paling terkenal adalah clean master atau  kamu bisa menggunakan task killer dan lainnya.hapus cache dan data

Namun secara pribadi, cara ini yaitu menggunakan aplikasi tambahan tidak saya sukai, selain menambah beban processor tapi juga menambah ribet di bagian notifikasi.

Belum berhasil? coba cara berikutnya....

2. Update aplikasi dan OS

Nah ini masih dalam cara yang aman,

maksudnya?

Aman disini kamu tidak akan kehilangan aplikasi dan data dalam smartphone. Kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit kuota internet untuk mendownload update dan update system.

caranya....

Masuk ke playstore dan pilih menu update, lakukan update aplikasi yang macet, jika ada update.

Kemudian ...

Untuk update system kamu bisa melihat pada pemberitahuan di bagian atas notifikasi atau pada aplikasi yang disediakan masing-masing merek.

Lakukan update dan biasanya meminta koneksi Wifi, just do it....

cari wifi konek dan update.

Kamu tidak akan kehilangan data apapun dari proses ini dan jika kerusakan hanya berada di sekitar aplikasi tersebut maka normalnya masalah teratasi.

Belum juga teratasi?

3. Uninstall aplikasi dan install kembali

Kenapa cara no.2 tidak berhasil? biasanya karena tidak ada update aplikasi yang tersedia, jadi kamu berhenti untuk menjalankan saran diatas. Benar?

Begini saja relakan data aplikasi kamu hilang dan lakukan uninstall dan install ulang aplikasi.

Dijamin....

aplikasi akan kembali normal.

Caranya....

Tekan dan tahan aplikasi lalu pilih delete atau biasanya ada gambar sampah. Buang deh tuh aplikasi.

Kemudian masuk ke playstore dan download lagi aplikasi tadi misal BBM, atau yang lainnya.

beres kan?

Banyak dari kasus aplikasi nutup sendiri akan benar-benar teratasi dengan cara ini. Tapi jika belum , masih ada amunisi lain dibawah ini...

4. Switch dari ART ke Dalvik Runtime

Android OS versi Kitkat ke atas tersedia runtime alternatif selain Dalvik, yaitu ART (Android RunTime). ART bisa mempercepat kinerja aplikasi dan OS, namun belum semua aplikasi bisa berjalan mulus dengan ART.

So kamu bisa mengecek runtime yang digunakan pada gadget KitKat kamu dan menggantinya ke Dalvik untuk kompatibilitas aplikasi yang lebih luas.

Caranya, aktifkan Developer Options dengan klik berulang-ulang  pada “build number” di halaman About Phone. Setelah itu masuk ke Developer Options dan pilih Select Runtime > Dalvik.

Selesai...

Hp android selalu restart

Cara ini bukan untuk error satu aplikasi, ini untuk yang mendapat pesan ''unfortunately android system has stopped working" atau ''unfortunately android UI has stopped working".

Yang seperti ini biasanya HP akan berhenti akan memunculkan pesan tersebut secara terus menerus sampai kamu kesal se kesalkesalnya haaa.

Hingga paling parah adalah HP android akan selalu restart tanpa kita sempat melakukan apapun.

Setidaknya ada tiga cara mengatasi solusi tersebut dan bisa dibilang ini adalah top cer berhasil. Silakan simak dibawah ini yaitu urutan ke 5 sampai 8.

5.Hapus data dan reset setting atau factory reset

Cara ini hanya bisa dilakukan jika hp android kamu tidak restart melulu, sehingga kamu masih bisa mengakses menu setting. Dan cara ini akan menghapus semua aplikasi dan setting serta data yang ada di HP kamu.

Caranya...

Silakan cabut SD card yang terpasang. Masuk ke setting>backup dan reset pilih factory reset

Selesai...

6.Hard reset

Jika kamu benar-benar tidak bisa masuk ke menu android kamu maka solusi yang bisa kamu lakukan adalah lakukan hard reset dengan menggunakn kombinasi tombol.

Caranya....

Karena cara yang dilakukan berbeda dari setiap merek maka silakan cek merek kamu dan lakukan dengan cara yang sesuai dibawah ini;

SAMSUNG
Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit
Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung

kemudian ikuti langkah-langkahnya sesuai petunjuk layar

Samsung Galaxy 551
Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.

Samsung Galaxy Pro
Tekan tombol T + Tombol Power.

Samsung Galaxy Y (Young) GSM

Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan sampai mucul logo samsung,setelah itu lepas.

Samsung Galaxy Y (Young) CDMA

Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode

Samsung Galaxy W (Wonder)

Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).

Samsung Galaxy Tab 7, (P1000) / Tab 7 Plus (P6200)

Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.

Samsung Galaxy Note N7000 (selain Android Ice cream sandwich)

Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas .

Samsung Galaxy Mini II S6500

Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.

Samsung Galaxy Chat GT-B5330

Tekan tombol Volume Down + Home + Power.

Samsung Galaxy Ace Plus

Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas tombol powernya.

ASUS

Matikan handphone kemudian tekan tombol vol down dan power serta tahan. Ketika hp begetar lepaskan tombol power tapi tombol vol down tetap di tekan sampai masuk recovery mode.

Lenovo

Tekan tombol power dan tombol volume updan down tahan samapi muncul logo lenovo.

Panasonic

Tekan tombol power dan vol up dan down bersamaan lalu lepas setelah muncul logo panasonic.

Sony

Tekan tombol power dan vol updan down besamaan kemudian lepaskkan ketika logo sony muncul.

Itu dia, kemudian untuk keseluruhan merek tersebut silakan ikuti petunjuk yang muncul saat recovery mode berjalan dan pilih clear all data atau factory reset.

Gunakan tombol volume up dan down untuk memilih menu yang tersedia dan gunakan tombol power untuk meng eksekusi.

tampilan recovery reset bisa jadi seperti gambar dibawah ini dan bisa berbeda-beda setiap merek.hard reset all merek

Setelah proses tersebut makan hp kamu akan seperti HP baru. Dan kamu harus melakukan setting ulang lagi.

7.Flash Hp android kamu

Ganti firmware lama dengan yang baru jika masalah yang kamu hadapi tidak terselesaikan. Cara ini akan mengganti firmware hp lama kamu dengan yang baru dan untuk cara ini membutuhkan tutorial sendiri dan cara setiap merek berbeda-beda.

Saya sudah memberikan contoh diwaktu yang lalu bagaimana cara melakukan flashing pada hp samsung yang selalu restart dan tidak bisa di atasi dengan hard reset. Klik dibawah ini

Cara mudah flash samsung galaxy young

Kurang lebih untuk semua hp akan sama caranya seperti diatas. Dan jika kamu benar-benar tidak bisa melakukannya sendiri kamu bisa minta bantuan teknisi di konter hp dengan biaya yang bervariasi pula. Plus minus Rp50 ribu sampai 500 ribu.

Teknisi juga melihat tipe dan merek HP dan disesuaikan dengan resiko yang akan terjadi serta tingkat kesulitannya.

Yang paling enak adalah lakukan klaim garansi jika masih berlaku.

Tips untuk pemilik HP android antisipasi aplikasi nutup sendiri

Nah.... jika kamu sudah mengalami hal diatas yaitu error maka tips ini bisa kamu gunakan untuk hp android kamu yang lain atau hp android kamu yang rusak tadi agar jika terjadi kembali di kemudian hari kerugian tidak begitu besar.

Bayangkan jika kamu harus kehilangan data seperti kontak, email, text whatsapp, dan sebagainya atau aplikasi dan game karena harus menghapus semua data yang ada.

untuk itu tips dibawah ini akan membantu kamu meminimalisir kerugian yang terjadi.

1.Selalu gunakan SD card untuk install aplikasi dan game

Lakukan pada setting dimana kamu akan menginstall aplikasi dan game yang kemu miliki atau bisa kamu memindahkan semua data ke SD card sekarang juga.

2. Lakukan backup secara berkala baik di hp (SD card) ataupun di PC

Caranya...

silakan masuk ke setting > backup dan reset

3. Backup kontak yang telah tersimpan

4. Ingat account gmail yang digunakan

Ini sangat penting jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan maka kamu bisa lakukan log in kembali dengan account tersebut dan semua data dan aplikasi aman.

5.Update selalu android kamu dan aplikasi kamu

Update akan membuat semua aplikasi berjalan sesuai jalur yang seharusnya, misal, hp android kamu menjalankan versi android terbaru maka aplikasipun harus menjalankan versi yang sudah di sesuaikan dengan android versi baru.

Mengapa aplikasi android nutup sendiri?

Ini dia rahasia mengapa terjadi aplikasi nutup sendiri pada android lets check bellow;

1.Tidak ada code program untuk di exekusi

Misal hp kamu tidak memiliki kamera depan tapi kamu menggunakan aplikasi untuk menggunakan kamera depan, maka kode akan terhenti seketika.

Nah saat itu lah jika aplikasi dan system tidak bisa menentukan kondisi ini terjadilah force close.

2.Compatibelitas software tidak sesuai

Misal kamu menggunakan facebook untuk android terbaru namun OS kamu belum di upgrade ke versi terbaru, maka disitulah akan terjadi interupsi antara aplikasi dan system.

3.Terlalu banyak program yang sama fungsinya berjalan bersamaan

4.terlalu banyak cache dan data yang tidak sering dibutuhkan

5.hardware tidak mendukung aplikasi terbaru

Itu dia ulasan Rahasia mengapa aplikasi android nutup sendiri + solusinya semua merek HP (pengalaman pribadi), jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk tulis si kolom komentar. terimakasih. Baca juga Mencari keyboard untuk iPad ? ini dia 4 rekomendasi dengan kualitas dan merk terbaik.

Tags: #aplikasi android nutup sendiri #force close #hard reset

  1. Avatar

    Google Apk Center5 years ago

    Tips Yang sangat Bagus dan Terimakasih atas Tips Nya den ,sangat membantu ni ,Terimakasih banyak.

    Oh ya den Bagaimana Ya solusi android tidak bisa download di playstore ” Ane lg ngalami Itu dan ane coba share belum dapet solusinya TERIMAKASIH ”

    Di tunggu balesannya

    Reply
    • Avatar
      Author

      khedi5 years ago

      Kalau saya sih wellcome saja gan,

      Reply
  2. Avatar

    Dwi2 years ago

    Setelah download WhatsApp lalu buka aplikasi tersebut, tiba² force close sendiri en Aplikasi kontak telepon juga force close dan kemudian HP restart ulang dengan muncul Mengoptimalkan 20 aplikasi,,setelah muncul “memulai aplikasi” kembali restart lagi … Mohon solusinya Gan (advan S4T ram 512)

    NB: setelah WA saya hapus instalasi, HP kondisi normal (tidak ngerestart)

    Mohon ditanggapi maturnuwon

    Reply
  3. Avatar

    Singo2 years ago

    SATU KATA UNTUK ANDA

    HEBAT

    Reply
  4. Avatar

    Singosibot2 years ago

    SATU KATA UNTUK ANDA

    HEBAT

    Reply
  5. Avatar

    zuhal1 year ago

    Mantab dan keren… Matur nuwun,
    Thanks for much

    Reply

Leave a reply "Rahasia mengapa aplikasi android nutup sendiri + solusinya semua merek HP (pengalaman pribadi)"

Author: 
    author