Q/A: mendingan pilih iPhone CDMA atau GSM

1156 views

Mending pilih iPhone CDMA atau GSM ?

Untuk kamu yang sudah mengetahui banyak tentang teknologi mobile tentu menentukan antara iPhone CDMA atau GSM adalah sesuatu yang mudah. Memang ini sangat penting karena uang yang banyak telah dihabiskan untuk membeli iPhone jika tidak cermat bisa berabe.

Seperti kita ketahui iPhone memiliki harga yang lumayan mahal jadi kesalahan membeli iPhone akan sangat merugikan. Jika kamu menghendaki kebebasan namun membeli iPhone tipe CDMA maka kebebasan kamu akan terbatasi.

Sebaliknya banyak orang akan memilih membeli iPhone GSM dengan alasan kebebasan. Maka teliti dahulu kebutuhan dan kepribadian kamu sebelum menentukan tipe iPhone yang akan kamu beli.pilih iPhone GSM atau CDMA

Intinya iPhone GSM dapat menggunakan sebagian besar operator seluler seperti di Indonesia yaitu XL, Telkomsel, 3 Indosat dan lainnya tanpa ada perlakuan khusus pada iPhone.

Namun jika kamu memilih iPhone tipe CDMA maka tidak semua operator seluler dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan iPhone tersebut.

Untuk iPhone GSM sepertinya sudah jelas.

...namun yang perlu dipahami adalah iPhone CDMA. Jika kita melihat di Indonesia, smartphone CDMA adalah bawaan dari operator seluler seperti Smartfren,Esia dkk. Namun untuk iPhone mirip hanya saja iPhone CDMA yang pertama kali semisal dikeluarkan oleh Smartfren dapat diganti dengan Esia dengan cara inject. Itu hanya permisalan

...faktanya untuk iPhone CDMA yang keluar di Indonesia tidak banyak pilihan operator dan itupun jarang.

Adapun untuk CDMA internasional adalah sprint dan Verizon.

Dari keterangan di atas artinya Seandainya kamu membeli iPhone CDMA di luar negeri bundling sprint atau Verizon bisa diganti ke operator CDMA Indonesia dengan cara diinjek dan tentu yang melakukan adalah operator selullar.

Sekarang keputusan ada di tangan kamu.

Lalu bagaimana menurut khedisfile?

Jika memang rentang harga yang ditawarkan antara iPhone GSM dan CDMA lumayan jauh biasanya iPhone CDMA dipatok lebih murah dan kamu juga telah melihat teliti tentang keaslian iPhone tersebut (baca tips membedakan iPhone asli dan palsu), iPhone CDMA boleh kamu bawa pulang dengan catatan harganya miring.

Selain dari segi harga operator CDMA bawaan juga berpengaruh contohnya, saya akan lebih memilih membeli iPhone CDMA Verizon daripada sprint alasannya Verizon lebih mudah di inject dan biasanya gratis di gerai operator sedangkan untuk sprint pengguna terkadang harus menahan diri untuk upgrade iOS karena proses inject terbilang sulit.

Namun secara pribadi saya lebih menyukai iPhone GSM sebab saya lebih bebas menentukan anggaran setiap bulannya karena terdapat banyak pilihan operator dengan paket-paketnya.

Lalu bagaimana membedakan iPhone GSM dan CDMA?

Secara detil saya belum pernah memiliki iPhone tipe CDMA , namun jika kita melakukan pencarian di internet di sana terdapat banyak sekali ciri-ciri iPhone CDMA. Setelah saya rangkum berikut perbedaan antara iPhone GSM dan CDMA;

1. Slot Micro SD

Hampir umum semua smartphone memiliki slot micro SIM sebagai tempat kartu seluler. Namun itu hanya ada pada iPhone GSM .

iPhone CDMA tidak memilikinya, itu artinya iPhone CDMA tidak akan memiliki slot pada bagian pinggir sebagai tempat kartu seluler itu adalah ciri yang paling mudah jadi langkah pertama seandainya kamu hendak membeli iPhone CDMA lihatlah slot kartu seluler jika ada berarti itu adalah iPhone GSM CDMA jika sebaliknya

2. Selullar bawaan

It's okay jika kamu membeli iPhone di Indonesia, tentu kamu sudah mengetahui operator seluler CDMA di Indonesia. Namun karena keberadaannya yang banyak beredar adalah iPhone CDMA internasional dengan seluler bawaan adalah sprint dan Verizon.

Selain itu adalah GSM seperti AT&T dan T-Mobile keduanya adalah GSM. Jadi lihat logo sebelum membeli.

3. NO Model

Berikut list untuk masing-masing tipe iPhone:2016-01-04_215953.png

  • iPhone GSM Model Numbers

iPhone 5 : A1429 (* World GSM & CDMA)
iPhone 5 : A1428
iPhone 4S : A1387 (* dual band CDMA & GSM world phone)
iPhone 4S : A1531 (GSM China)
iPhone 4 :  A1332
iPhone 3GS : A1325 (GSM China)
iPhone 3GS : A1303
iPhone 3G : A1324 (GSM China)
iPhone 3G : A1241
iPhone 1: A1203

 

  • iPhone CDMA Model Numbers

iPhone 5 : A1429 (* World GSM & CDMA)
iPhone 4S : A1387 (* dual band CDMA & GSM world phone)
iPhone 4 : A1349

Itu dia uraian untuk pertanyaan pilih iPhone GSM atau CDMA. Semoga bisa menjawab dan jelas. Baca juga Mudahnya download video youtube dengan aplikasi favorite freemake video downloader.

 

Tags: #AT&T #iPhone CDMA #iPhone GSM #sprint #T-Mobile #verizon

Leave a reply "Q/A: mendingan pilih iPhone CDMA atau GSM"

Author: 
    author