Bingung saat akan membeli iPhone di Indonesia, ini penyebab dan solusinya

Dikutip dari tempo.co penjualan Apple terus meningkat mencapai 56 persen. Penjualan ini sebagian besar dari lini smartphone dan tentu saja tidak lain adalah iPhone. Secara kasat mata, iPhone akhir-akhir ini memang banyak diburu para penggila teknologi sehingga benar bahwa peningkatan penjualan Apple terjadi saat ini.

Jika kamu merupakan mereka yang ingin menyumbang kesuksesan Apple yaitu membeli iPhone, maka ada beberapa hal yang pasti akan terjadi pada para peminat iPhone yang baru pertama akan menggunakannya, ini dia;

beli iPhone di indonesia

 

1.Beli iPhone-nya dimana

Ini adalah pertanyaan paling awal yang pasti akan ditanyakan para pelanggan Apple yakni di mana tempat membeli produk Apple.

Bagi mereka yang benar-benar belum mengetahui tentang produk iPhone maka mereka akan mencoba mencari di toko HP terdekat. Namun seandainya mereka menemuinya, maka mereka akan terkejut karena harganya sangat mahal.

Kemudian mereka akan bertanya sendiri apakah yang di belinya itu asli karena mereka tidak ingin mengeluarkan uang yang banyak dengan mendapatkan produk yang palsu.

Dari situlah akan muncul pertanyaan di mana membeli iPhone dengan kualitas asli di Indonesia.

Apple sebenarnya telah membuka kantor perwakilan di Indonesia yaitu di daerah Mangga Dua. Namun untuk penjualannya mereka belum membuka toko resmi.

...lalu di mana toko resmi Apple tersebut? apakah untuk membeli produk asli orang Indonesia harus pergi ke luar negeri atau memesannya di kantor Apple?

Kamu tidak perlu pergi ke luar negeri atau memesan langsung. Kamu hanya perlu mendatangi reseller authorised Apple Indonesia. Reseller authorised ini adalah para penjual produk produk Apple yang telah memiliki izin resmi dari Apple untuk menjual iPhone, Mac, iPad, MacBook, iPod, dan lainnya kepada para pecinta produk Apple di tanah air.

Dijamin asli !!!

Produk-produk yang mereka jual dijamin memiliki garansi resmi Indonesia dan untuk beberapa produk seperti iPad dan komputer Apple akan memiliki asuransi selama satu tahun dari kerusakan terhadap siraman air ataupun jatuh.

Untuk melihat dimana lokasi dari para reseller autorized apple silakan baca posting saya ini adalah toko penjual produk apple asli di Indonesia.

2. Kenapa iPhone Mahal

Ini adalah pertanyaan berikutnya setelah calon pembeli mencari iPhone kemudian mereka menemui harga iPhone ternyata sangat mahal. Lalu terbesit pertanyaan Kenapa iPhone sangat mahal Apa yang membedakan dengan perangkat yang lain aka Android. Jika kamu bandingkan dengan Android maka kamu boleh membaca postingan saya yang berjudul 5 beda iPhone dengan Android.

Jika kita mereview dari pendapat kalangan umum maka pertanyaan ini akan menemui jawaban iPhone mahal karena disengaja ini adalah permainan Apple.

Jawaban itu tidak sepenuhnya salah bahkan mungkin bisa dibilang ada benarnya karena jika kita melihat antara harga dan apa yang didapatkan sangat jauh sekali masuk ke dalam logika. Yaitu sebuah perangkat seluler harganya setara dengan sepeda motor. Namun jawaban di bawah ini mungkin akan lebih adil.

  • Apple belum memiliki toko resmi di Indonesia maka pada praktiknya iPhone dijual oleh reseller-reseller meskipun itu resmi. Hal itu menyebabkan penambahan harga dari harga jual yang ditetapkan oleh Apple. Jika kita melihat pada website resmi apple.com maka harga yang tercantum dalam dolar adalah berkisar antara $200 sampai $600 saja.
  • nilai tukar Rupiah yang jauh di bawah dollar yang sudah pasti akan menyebabkan harga iPhone murah secara dollar akan menjadi sangat mahal dalam rupiah itu jika kita melihat rupiah untuk saat ini Rp 13.500 maka untuk memboyongnya iPhone dengan harga 600 dollar kita harus mengeluarkan uang sekitar Rp8.100.000
  • iPhone di  manage oleh satu perusahaan yaitu Apple. Hal itu membuat apple harus menanggung resiko terhadap kerugian jika terjadi kegagalan terhadap produknya di masa mendatang sendiri. Untuk itulah Apple mematok harga yang lebih tinggi untuk ketahanan perusahaannya.
  • Secara fisik iPhone memang berbeda dengan produk lainnya. Kita bisa melihat mulai dari bahan casing yang terbuat dari aluminium kemudian kaca membuat ini memiliki feel yang sangat kokoh meskipun dipatok dengan harga mahal tidak membuat penyesalan yang besar.

3. Mana yang iPhone yang asli dan palsu

Jika kamu melakukan pencarian di Google mengenai membedakan iPhone asli dan palsu tentu akan menemui banyak sekali artikel yang membahas tentang ini dan jelas saja pada artikel saya kali ini tidak akan membahas cara membedakannya, namun apa tips untuk mendapatkan produk apple yang asli.

Langsung saja ,

...tips Jika kamu ingin membeli iPhone yang asli maka belilah diautorized reseller, dijamin selain memiliki kelebihan produk asli tetapi untuk beberapa produk akan mendapatkan asuransi terhadap resiko kerusakan yang mungkin terjadi selama satu tahun.

Namun kendala dihadapi bagi mereka yang berada di kota belum memiliki reseller apple berjualan di sana. Banyakan mereka akan membeli di toko biasa atau secara online yang tentu tidak ada jaminan asli terhadap iPhone.

Jika demikian ,,

...tips nya adalah pastikan jaminan garansi.

Perlu diketahui bahwa garansi untuk iPhone yang banyak beredar di Indonesia adalah garansi resmi, iPhone garansi internasional dan garansi distributor ketiganya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

iPhone yang memiliki garansi resmi Indonesia sudah pasti jika terjadi kerusakan dapat dilakukan langsung di tempat toko kamu membeli. Biasanya akan diteruskan ke Apple bisa juga repair centre apple untuk diganti unit yang baru atau diperbaiki.

Garansi internasional adalah iPhone yang dibeli dari luar negeri biasanya Singapura kemudian dijual di Indonesia.  iPhone jenis ini jika terjadi kerusakan maka proses claimnya harus ke Singapura.

Terakhir adalah garansi distributor. Garansi jenis ini masih diragukan akan keabsahan nya. Sampai saat ini saya belum mengetahui distributor mana yang paling baik garansinya.

Kebanyakan garansi distributor memiliki rentang waktu satu tahun atau satu bulan dan iPhone jenis ini adalah iPhone yang banyak diisukan sebagai iPhone rekondisi. Tentu itu adalah anggapan umum dan bisa jadi tidak benar kamu harus pintar-pintar memilih nya.

4. Piliih produk yang mana?

Jika kamu telah berada pada titik ini kamu telah memutuskan untuk membeli produk Apple hanya saja masih dalam menentukan tipe yang mana.

iPhone memiliki produk yang banyak, diantaranya iPod (perangkat pemutar music), iPhone (perangkat selullar), iPad ( tablet apple), macbook (laptop apple) dan Mac ( komputer apple).

Untuk iPhone sendiri terdiri dari banyak macam kamu bisa membaca artikel saya list iPhone generasi pertama sampai sekarang, namun Jangan khawatir karena setiap produk iPhone adalah pengganti dari produk yang sebelumnya.

maksudnya, jika ada iPhone 6S maka itu adalah penerus dari iPhone 6. Dan apple selalu menghentikan produksi dari produk iPhone satu generasi. Jadi jika sekarang sudah keluar iPhone 6S, maka iPhone generasi sebelumnya yang masih di produksi adalah iPhone 6 dan 6 Plus.

Lalu,,, apakah iPhone tipe lama masih tersedia? mengingat iPhone 6 masih sangat mahal.

Tentu masih sebagai sisa stock, namun tidak akan lama. Untuk saat ini masih ada beberapa reseller autorized yang menjual iPhone 5S dengan harga berkisar Rp 6.000.000

iPad adalah tablet apple. Untuk lebih jelas mengenai iPad kamu bisa mebaca artikel saya yang alin di bawah ini.

Itu saja dari saya , semoga bermanfaat.

Tags: #iPad #iphone

  1. Avatar

    Dessy4 years ago

    Hai mr. Khendy, mau tanya perbedaan iphone asli or palsu selain dr cek garansinya, bisa gak kita cek dr kondisi iphone nya secara langsung???

    Reply
  2. 5 Alternative Apple Watch yang lebih murah dan tidak kalah keren di tahun 20164 years ago

    […] Sekian dari saya baca juga Bingung saat akan membeli iPhone di Indonesia, ini penyebab dan solusinya […]

    Reply

Leave a reply "Bingung saat akan membeli iPhone di Indonesia, ini penyebab dan solusinya"

Author: 
    author