Perbandingan ASUS Zenfone 5 dengan Zenfone 4 & 6

590 views

Varian dari ponsel pintar ASUS Zenfone yang cukup fenomenal sekarang sering membuat orang menimang-nimang untuk menjatuhkan pilihan antara Zenfone 4, 5 atau 6. Ketiga seri ini memiliki desain yang hampir mirip-mirip. Hal yang paling membedakan dari ketiganya tentu saja ada di faktor harga. Pada ulasan kali ini, akan dibahas mengenai ASUS Zenfone 5 dan perbandingannya terhadap seri ASUS Zenfone 4 dan Zenfone 6.

Setidaknya, ini akan memberikan gambaran mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 5. Ponsel ini merupakan salah satu ponsel yang banyak dicari karena memang berada pada kisaran harga yang terjangkau, tetapi fitur dan kualitas yang sebanding dengan harganya. Penasaran seperti apa perbandingannya? Lanjutkan saja membaca!perbandingan asus zenfone

Dari segi layar, ASUS Zenfone 5 sudah menggunakan jenis layar IPS Capacitive Touchscreen dengan jumlah warna sebanyak 16 juta. Bila dibandingkan dengan ASUS Zenfone 4, ini tentu setingkat lebih tinggi karena ASUS Zenfone 4 hanya memiliki jenis layar TFT meski pun sama-sama memiliki warna sebanyak 16 juta. Jenis layar ASUS Zenfone 5 ini sama seperti ASUS Zenfone 6 karena sama-sama sudah memiliki teknologi IPS. Teknologi IPS memungkinkan tingkat kecerahan yang tetap bagus meski dilihat di bawah terik matahari.

Soal resolusi dan ukuran layar, ASUS Zenfone 4 hanya memiliki bentang layar berukuran 4 inci dengan resolusi 480x800 piksel dan kerapatan 233 ppi. Sementara itu, ASUS Zenfone 5 memiliki bentang layar 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel dan kerapatan layar 294 ppi. Dibandingkan dengan ASUS Zenfone 6, layar ASUS Zenfone lebih kecil 1 inci tetapi memiliki tingkat kerapatan yang lebih tinggi sehingga tampil lebih menawan.

Dari segi fitur kamera, ASUS Zenfone 5 menggunakan jenis kamera dengan resolusi sebesar 8 MP. ASUS Zenfone 4 jelas kalah jauh karena hanya memiliki kamera beresolusi 5 MP. Lebih tinggi lagi, ASUS Zenfone 6 menggunakan kamera dengan resolusi 16 MP. Menariknya, untuk CPU sendiri baik Zenfone 5 atau 6 sama-sama menggunakan jenis CPU Intel Atom Z2580, sementara Zenfone 4 berbeda sendiri menggunakan CPU Intel Atom Z2520. Kapasitas penyimpanan paling kecil dimiliki oleh Zenfone 4 dengan internal memori sebesar 4/8 GB. Sementara untuk Zenfone 5 dan 6 sama-sama memiliki memori 8/16 GB. Perbedaan yang mencolok juga ada pada RAM masing-masing ponsel. ASUS Zenfone 5 dan Zenfone 4 masih menggunakan 1 GB RAM, sementara untuk Zenfone 6 sudah menggunakan RAM sebesar 2 GB.

Kapasitas baterai yang dimiliki masing-masing ponsel juga berbeda. ASUS Zenfone 4 memiliki kapasitas baterai sebesar 1200 mAh. Sementara untuk ASUS Zenfone 5 sudah memiliki kapasitas baterai sebanyak 2110 mAh. Lebih tinggi lagi, ASUS Zenfone 6 menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar 3300 mAh. Tentu saja, besarnya kapasitas baterai ini disesuaikan oleh fitur dan spesifikasi masing-masing ponsel yang dimiliki.

Dari berbagai macam varian yang ada, nampaknya Zenfone 5 memang berada di posisi tengah-tengah antara Zenfone 4 dan Zenfone 6. Fiturnya setingkat lebih tinggi dari Zenfone 4 tetapi tidak lebih tinggi dari Zenfone 6. Menariknya, Zenfone 5 memiliki kerapatan layar yang lebih tinggi bila dibandingkan Zenfone 6 sehingga tampilannya terkesan lebih jernih.

Besar ukuran layar tersebut juga berpengaruh dengan dimensi dari ukuran masing-masing ponsel. Ukuran Zenfone 5 nampak sedang, setidaknya ia hadir dengan ukuran yang tidak terlalu kecil seperti Zenfone 4 atau terlalu besar seperti Zenfone 6.

Itulah sekilas perbandingan antara Zenfone 5 dengan Zenfone 4 dan Zenfone 6. Varian ASUS Zenfone 5 memang cocok dipilih karena harganya terjangkau, tidak terlalu mahal dan sudah memiliki spesifikasi yang hampir sebanding seperti Zenfone 6.

Ini bisa menjadi pilihan tepat karena berada di tengah-tengah antara ponsel yang menyasar di level low-end dengan high-end. ASUS nampaknya memang cukup strategis dengan menghadirkan ketiga varian ponsel ini. Yang jelas, ASUS Zenfone 5 bisa menjadi pilihan bagi mereka yang lebih mengutamakan desain yang praktis, tetapi fitur yang juga lebih ditingkatkan dari versi sebelum-sebelumnya.

Baca juga Tips Beli Online Asus Zenfone 5 Asli 100%, bukan rekondisi.

Tags: #asus zenfone 5

Leave a reply "Perbandingan ASUS Zenfone 5 dengan Zenfone 4 & 6"

Author: 
    author