SwiftCam gimbal terbaik lebih dari sekedar tongsis, Vloger dan tukang narsis wajib punya

SwiftCam gimbal terbaik

Jika kamu seorang Vloger (penggiat video online di youtube atau medsos facebook) dan juga hobi selfie pasti punya yang namanya tongsis. Alat panjang tangan tapi bukan alat buat nyuri yang belakangan ini menjadi tenar.

Kamu gunakan tongsis ini untuk memudahkan pengambilan gambar atau foto dari sudut yang mustahil di ambil menggunakan tangan. Tapi mari saya tebak, apakah itu efektif untuk mengambil video?

Syarat video menarik adalah stabil dan tidak banyak goyang. Pergerakan dari sudut ke sudut yang lainnya akan lebih keren jika smooth dan stabil.

Bayangkan jika menggunakan tongsis untuk mengambil video, pasti hasilnya bakalan naik turun gak jelas. Alhasil video jadi seperti video action.stabiblizer terbaik

Kali ini ada tool keren wajib dimiliki oleh kamu vlogger dan yang suka narsis. Tongsis keluaran swiftcam. Namun sebenarnya ini bukan tongsis tapi lebih disebut sebagai stabilizer atau gimbal.

Tongsis swiftcam ini bukan sekedar tongsis, karena memiliki motor yang dapat menahan getaran saat kita mengambil gambar. Alhasil video atau foto yang kita ambil bakalan menjadi pilihan untuk digunakan sebagai footage keren.

Selain itu alat ini juga memiliki control joystic yang dapat kita gunakan untuk mengarahkan pengambilan gambar ke bagian mana. Bisa juga kamu sambungkan ke smartphone dan swiftcam akan mengikuti arah focus dari kamera kamu. Jadi ketika kamera hp kamu menangkap focus pada wajah maka swiftcam akan berputar menyesuaikan sudut terbaik dan proporsional sehingga hasil video akan keren.

Bukan hanya video slow tapi alat ini juga akan menangani getaran extreme saat mengambil video lari. Misal kamu mengambil video action yang mengharuskan pengambilan video dengan lari. Swiftcam akan menangani itu, dengan hasil video yang stabil.

Dengan footage keren kamu bisa buat macam-macam produk profesional, contohnya:

  1. Video triller produk
  2. Video explainer, bahkan
  3. Film pendek.

Ada dua jenis swiftcam yang saya kenalkan kali ini, yaitu swiftcam untuk Gopro dan swiftcam untuk smartphone.

1. Swiftcam G3S gimbal terbaik untuk GoPro


Gimbal atau stabilizer khusus untuk camera action GoPro ini sangat recomend untuk dimiliki. Soalnya jika kamu mengambil gambar menggunakan kamera GoPro tanpa bantuan handle akan sangat sulit.

Meskipun biasanya GoPro di terpasang pada bracket yang menempel di helm namun tidak semua moment harus di ambil dengan cara demikian. Ada kalanya kamu menggunakan tangan atau tongsis untuk mengambil video menggunakan camera GoPro.

Nah sekarang coba gunakan Swiftcam ini, kamu akan dapatkan footage keren layaknya film hollywood. Sangat stabil.

Dengan swiftcam ini kamu juga bisa mengambil bagian yang sangat sulit di ambil misal di bagian bawah bebatuan. Tentu dengan bantuan motor penggerak yang di kendalikan dengan joystic akan mempermudah dalam pengambilan area tersebut.

Spesifikasi Swiftcam G3S

  • 3 axis 360 derajat.

...terdiri dari tiga poros yang memiliki motor penggerak dan mampu berputar 360 derajat.

  • Kompatible dengan kamera GoPro Hero 3 , hero 3+ dan hero 4.
  • Memiliki 3 batrey yang dapat di charge.
  • Memiliki 3 mode pengambilan gambar. Full follow mode , pan follow mode, dan lock mode.

Ketersediaan

Sejauh ini saya belum menemukan produk ini di jual di banyak tempat, namun jika kamu mencari secara online ada beberapa toko yang sudah menyediakannya. Jika kamu berminat bisa cek disini (saat ini stock habis), namun kamu harus cek stock dahulu. Karena masih sangat jarang.

Alternative lain jika barang tidak tersedia coba cek disini.

2. Swiftcam M3S gimbal terbaik untuk Smartphone


Yang ini untuk smartphone. Cocok banget untuk menemani jalan-jalan santai.

Kenapa?

Jelas, melihat kamera yang digunakan adalah kamera smartphone maka tidak mungkin kamu akan mengambil gambar action dengannya. Kecuali smartphone kamu memiliki kecepatan kamera yang baik.

Namun yang ini sangat di rekomendasikan untuk kamu jika tidak ingin menambah budget membeli kamera GoPro. Mengingat harga kamera GoPro tidak murah.

Kamu hanya perlu membeli tool ini dan gunakan smartphone kamu, mulai deh rekam dan ambil gambar.

Spesifikasi Swiftcam M3S

  • Kompatibel dengan semua tipe HP, bahkan sampai iPhone 6S plus. Jika kamu benar-benar membeli alat ini, jangan lupa akan disertakan dua buah pengganjal untuk samrtphone yang berukuran kecil misal iPhone 4S dan sejenisnya.
  • Sebagian besar spesifikasi memiliki kesamaan dengan G3S , perbedaannya terletak pada bracket yang di sediakan.
  • Terdapat aplikasi yang dapat di singkronkan dengan swiftcam. Sehingga swiftcam akan mengikuti focus kamera phone.
  • Bisa melakukan automatic shooting.

Ketersediaan

Sama seperti saudaranya, masih sangat terbatas. Tapi saya prediksi tool ini akan tenar beberapa waktu lagi. Kamu bisa menunggu sampai tersedia banyak di pasaran. Namun jika kamu mau mencobanya sekarang bisa cek disini (Stock habis). Cek stock sebelum membeli.

Untuk alternative merek selain swiftcam cek disini.

Petunjuk menggunakan Swiftcam pertama kali

Jika kamu sudah membeli perangkat tersebut pasti hal yang paling pertama kamu cari adalah bagaimana cara menggunakannya.

Setelah kamu membeli lakukan unboxing perangkat tersebut dan lakukan kalibrasi.

...tapi sebelumnya cek dulu setiap rotasi dari porosnya. Apakah berfungsi dengan baik. Putar-putar aja, kan 360 derajat.

Setelah itu pastikan batrey telah di charge dan baca petunjuk pengecasan batrey. Karena batreinya beda dari batrey yang ada di pasaran.

  • Pasang smartphone dan seimbangkan. Jika smartphone kamu berukuran besar, pasangkan pemberat yang di sertakan.
  • Jika menggunakan GoPro silakan di seimbangkan saja.
  • Mulai nyalakan dengan menekan sekali pada tombol ON
  • Setelah beberapa saat tekan joystick ke dalam dan tahan sekitar 3 atau 5 detik lalu lepaskan.
  • Perangkat akan aktif. Jika perangkat belum aktif silakan ulangi kembali langkah tadi. Namun sebelumnya matikan dulu perangkat dengan menekan tombol ON sekali.
  • Lebih detai kamu bisa kunjungi website resminya.

Penggunaan Mode pengambilan gambar

Ada tiga mode pengambilan gambar yang akan membantu kamu mengambil video dengan baik. Yaitu full follow, pan follow dan lock. Untuk mengaktivkannya hanya perlu menekan joystick ke dalam sekali untuk pergantian mode.

  • Full follow akan membuat arah kamera mengikuti gerak tangan kita namun dengan stabil. Kebawah akan ikut ke bawah, kesampingpun dia akan mengikuti.
  • Pan follow, mode ini akan membuat kamera tetap sejajar yaitu tidak akan naik turun walau tangan kamu naik dan turun. Namun jika di gerakan ke samping ia akan mengikuti.
  • Lock mode, mode ini akan membuat kamera fokus pada satu arah. Kemanapun tangan kamu bergerak ia akan tetap mengarah ke arah tersebut. Bahkan jika kamu sambil main lompat tali, kamera akan tetap diam menghadap arah yang telah di kunci.

Tips mengambil video dengan smartphone agar hasil baik

1. Jangan mengambil gambar dengan posisi vertikal.

Artinya pastikan smartphone kamu dalam keadaan horizontal (tertidur), bukan vertikal ( berdiri). Halini akan menghasilkan video dengan ratio wide screen. Sehingga hasil akan lebih baik.

2. Gunakan mode full follow dari stabilizer untuk pengambilan video orang pertama atau orang kedua.

Artinya kamera berperan sebagai mata dari pemain. Misalkan kamu membuat short movie.

3. Gunakan pan follow dari stabilizer jika ingin mengambil video arah vertikal.

Misalkan video dari dekat semakin menjauh.

4. Gunakan mode lock mode dari stabilizer untuk mengambil gambar dari sudut pandang ke tiga. Misal mengambil pemandangan atau objek bergerak.

5. No Digital Zoom

Jangan lakukan zooming untuk mengambil gambar dekat karena hasilnya akan jelek. Lebih baik kamu yang maju atau mundur.

Itu dia uraian untuk hari ini. Semoga bermanfaat. Baca juga tips membuat video keren seperti profesional.

Leave a reply "SwiftCam gimbal terbaik lebih dari sekedar tongsis, Vloger dan tukang narsis wajib punya"

Author: 
    author