7 cara cek IMEI iPhone, iPad dan iPod, 100% berhasil

3531 views

Ada 7 cara cek imei iPhone, iPad dan iPod yang akan kamu dapatkan kali ini. Dan semuanya akan di jelaskan dengan detail. Mau video juga? gak usah lah... orang cuman cek imei. Gampang...

Langsung saja,

tapi sebelum mulai, sudah tahu apa itu imei kan?

Imei itu adalah nomor induk dari ponsel sebagai pengenal. Jadi apa tujuan kamu ingin tahu iMei dari iPhone? Pasti sudah tahu jawabannya. Ok, yuk langsung cek dimana keberadaan iMei pada iPhone, iPad dan iPod.

cek imei

1. Cek iMei di menu setting

Di iPhone, iPod dan iPad sudah tersedia diplay untuk imei dan sangat gampang di cari bagi yang sudah familiar dengan menu-menu iOS tentunya. Bagi yang belum tahu silakan cek imei di menu setting> general> about.

Di situ tertera informasi mengenai iPhone kamu, mulai dari model, nama perangkat, hardware dan imei.

Enaknya lagi imei di menu ini dapat di copy dengan cara sentuh kemudian tahan akan muncul pop up copy. Silakan copy.

Fitur ini sangat memudahkan bagi kamu yang akan langsung melakukan pengecekan pada sebuah website pengecekan imei.

Jika kamu tidak sempat menghidupkan iPhone atau bila iPhone kamu kehabisan daya, maka langkah ke-2 bisa membantu kamu.

2. Cek imei di sim tray

Jika kamu jeli kamu akan menemukan kode iMei di Sim tray pada iPhone. Memang setiap seri dari iPhone akan berbeda letaknya. Ada yang horizontal dan juga ada yang vertikal. Namun itu pasti ada.

Nah ... yang memiliki kode imei di SIM tray adalah device >

iPhone 6 Plus
iPhone 6
iPhone 5c
iPhone 5s
iPhone 5
iPhone 3G
iPhone 3GS
iPhone 4 (GSM model)
iPhone 4s

3. cek imei di belakang body

Untuk iPhone terbaru di bagian body belakang juga tertera kode ime yang bisa kamu lihat. Dan ini sangat membantu tentunya. Coba cek di bagian belakang dari casing iPhone kamu tentu iPhone yang ada di list di bawah ini:

iPad Pro, iPad, or iPod touch

Sekarang bagaimana jika tulisan bagian casing sudah tidak jelas dan kamu juga tidak bisa mengakses atau menghidupkkan iPhone. Misal batrey ngedrop?

Coba cara di bawah ini.

4. Cek imei melalui iTunes

Jika kamu mengalami kerusakan pada bagian casing iPhone sehingga kode imei tidak terlihat jelas. Atau kamu tidak bisa melihat kode imei karena iPhone kamu ngedrop sehingga tidak bisa melihat di bagian setting.

Kamu bisa gunakan cara yang ini. Gunakan itunes.

Caranya pun mudah, tinggal colokan iPhone menggunakan kabel USB dan nanti identifikasi iPhone kamu akan terbaca di iTnes. SC nya kaya di bawah ini:

2016-04-23_222157.png

Cara ini bisa kamu gunakan dengan syarat kabel USB adalah compatible untuk membaca data. Kemudian pada saat iPHone di hubungkan dengan komputer pastikan kamu memilih trust this computer.

Ini adalah pop up yang biasa keluar ketika smartphone di sambungkan dengan komputer. Tujuannya adalah security.

Syarat kedua adalah komputer kamu sudah memiliki iTunes. Yaitu program milik apple untuk meng-organisasi iPhone dan seluruh media iPhone melalui komputer. Tersedia untuk windows dan Mac.

5. Cek imei di kardus packaging

Jika kamu kehilangan iPhone dan ingin memblokirnya menggunakan kode imei tentu itu akan sulit. Sulit karena kamu tidak memiliki dokumen yang nyertakan nomor imei. Karena iPhone sudah tidak ada di tangan. Dan cara diatas tidak bisa di lakukan.

Kamu masih bisa menggunakan kardus iPhone yang tentu selalu di simpan. Nah di kardus tersebut juga terdapat nomor imei. Jika kamu mengalami hilang iPhone dan ingin memblokir melalui nomor imei segera cari packaging iPhone ketika pertama membeli dan temukan nomor imei di situ.

6. Cek imei di history iTunes komputer

Sekarang bagaimana jika kardus iPhone kamu sudah di buang? atau mungkin masih ada namun label yang terdapat nomor imei sudah di kletek (lepas) dan hilang.

Kamu bisa mencari nomor imei dari iPhone kamu dari history yang ada di komputer. Karena iTunes akan menyimpan history ketika iPhone di hubungkan dengan komputer. SC nya dibawah ini:

2016-04-23_233203.png

kamu bisa menemukannya di bagian Edit dan pilih preference. Lihatlah di tab device, disana akan ada device yang ter-backup.

7. Contact apple costomer service

Jika kamu tidak pernah melakukan koneksi dengan komputer tentu tidak akan pernah ada history. Jika kamu mengalami hal ini yaitu hilang iPhone kemudian kardus packaging sudah hilang serta tidak ada history di komputer, kamu masih bisa mendapatkan informasi mengenai nomer imei melalui customer sevice apple yang sedia 24 jam.

Dengan melakukan tracking pembelian imei pun bisa di dapatkan.

Itu dia ke tujuh cara cek imei iPhone, iPad dan iPod yang bisa kamu lakukan. Dan semoga berhasil.

Berhasil apa?

Bukan berhasil mencari imei, kalau mencari imei itu gampang dan 99% berhasil. Tapi mencari imei kan ada tujuannya misal untuk melakukan pemblokiran, menemukan asal iPhone dan sebagainya.

Dibawah ini adalah manfaat dari imei iPhone kamu:

  1. Imei adalah identifikasi, ketika sebuah smartphone dibuat maka hendaklah ada identifikasi yang menandai keberasaan device tersebut dalam populasi perangkat. Untuk itulah imei digunakan sebagai tanda pengenal setiap provider terhadap client-nya.
  2. Imei sebagai pelacak dan blokir, jika smartphone kamu dicuri atau jatuh kamu bisa meminta ke operator selullar untuk melakukan blokir imei terhadap smartphone untuk mengakses jaringan. Dan bisa juga digunakan untuk melacak keberadaan dari smartphone yang hilang tersebut.

Dimana bisa dapatkan informasi dari sebuah nomor imei?

Ini mungkin yang sedang kamu lakukan kenapa mencari tahu dimana bisa menemukan nomor imei di iPhone. Ya,,, kamu ingin gunakan imei ini untuk melihat informasi dari iPhone yang telah kau beli. Kebanyakan iPhone second.

Sebab para pemburu iPhone second merasa tidak ingin di bohongi dengan membeli iPhone yang tidak jelas identitasnya.

Dari iMei ini kita bisa mengetahui dari manakah asal iPhone yang telah kita beli. Kamu bisa melakukan pengecekan informasi menggunakan nomor imei di situs imei.info

Bisakah sebuah phone sell tanpa imei?

Jika merujuk dai kesepakatan internasional adalah tidak di perbolehkan sebuah manufaktur membuat perangkat selullar tanpa identifikasi. Di samping itu setiap operator selullar juga membutuhkan informasi imei agar ponsel tersebut bisa masuk ke dalam jaringan mereka.

Itu dia uraian untuk hari ini, semoga membantu dan bermanfaat. Jangan lupa baca juga Rahasia Bikin Hp kamu bisa nangkap sinyal 4G.

Tags: #imei #iPad #iphone #ipod

Leave a reply "7 cara cek IMEI iPhone, iPad dan iPod, 100% berhasil"

Author: 
    author