10 Tips maksimalkan macro dengan kamera iPhone tanpa perlu keahlian khusus

Kreasi dengan kamera iPhone itu sangat mudah. Karena tidak dipungkiri lagi iPhone memiliki kamera yang mumpuni. Meskipun memiliki pixel yang kecil.

Itu adalah salah satu hal yang membuat kamu harus bangga memiliki iPhone. Jika kamu tidak percaya maka silakan bandingkan hasil kamera iPhone kamu dengan hasil kamera smartphone lain yang memiliki ukuran pixel yang lebih besar.

Hampir semua orang tahu tentang hal itu. kamera iPhone memiliki keunggulan tersendiri. Mungkin karena bukaannya yang lebar. Sehingga membuat kualitas yang dihasilkan banyak mendapat pujian.

Macro

Foto macro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop.

Foto macro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya. Sebagai contoh, pada film 35 mm, lensa harus dapat fokus pada area sekecil 24×36 mm, yaitu ukuran gambar pada film. Wikipedia.

Cara gampang bagi kamu yang baru kenal jenis ini, foto macro adalah foto benda kecil dangan hasil yang di dapatkan biasanya fokus pada object dan background blur. Mirip dengan bokeh namun macro ini untuk benda yang kecil seperti serangga, atau benda kecil lainnya.

Kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini sebagai contohnya.

kamera iPhone untuk macro

Macro pada iPhone

Nah, kamera iPhone bisa digunakan untuk menghasilkan foto seperti itu keren kan?

Ada beberapa hal yang perlu di lakukan untuk menghasilkan karya yang bagus. Dan butuh sedikit pengorbanan juga tentunya.

Berikut 10 Tips memaksimalkan kamera iPhone untuk mcaro

1. Atur pencahayaan 

Usahakan cahaya mendukung, misal pada waktu-waktu ajaib. Misalkan waktu pagi sekitar jam 7-10, atau waktu soresetelah jam 3- 6.

Cahaya saat itu sangat baik untuk menghasilkan foto macro yang menakjubkan.

2. Jaga jarak background

Foto macro akan sangat menarik jika background blur. Dan bukan macro juga kalau bagian bacground tidak blur.

Untuk menghasilkan hal itu maka jarak background harus lebih jauh dari pada jarak kamera ke objek. Jadi intinya kamera harus lebih dekat ke objek dari pada background ke objek.

3. Tentukan focus secara manual

Sebenarnya kamera akan menentukan fokusnya sendiri. Namun untuk menghindari kesalahan fokus, alangkah baiknya agar kamu menentukan fokus dengan menekan pada area yang ingin di buat fokus. Iya... hanya perlu tekan pada layar.

4. Gunakan AE/AF lock

Fitur ini secara default ada di kamera iPhone. Untuk meng-aktifkannya kamu hanya perlu pilih area mana yang akan fokus dengan cara touch dan kemudian tahan sampai muncul tulisan AE/AF lock.

5. Gunakan HDR

Fitur HDR akan membuat hasil kamera menjadi lebih jelas dan detail. Seperti yang kita ketahui bahwa fitur HDR digunakan untuk menyempurnakan hasil jepretan dengan menggabung beberapa scene menjadi satu dan memilih yang memiliki komposisi terbaik.

6. Gunakan Bantuan air

Pernah melihat trik foto macro menggunakan air.

Coba lah jika kamu belum pernah melakukannya. Ini benar-benar berhasil.

Untuk melakukannya kamu hanya perlu celupkan jari mu ke air lalau teteskan satu tetes air ke permukaan kamera iPhone.

Dari situ air akan menempel dan berbentuk seperti gelembung kaca. Itulah digunakan sebagai pengganti lensa tambahan. Sekarang coba gunakan untuk mem-foto.

7.Gunakan Holder/Tripod

Holder akan membantu posisi kamu tetap tenang dan fokus terjaga. Dengan fokus terjaga maka hasil macro akan lebih baik.

Kamu bisa mencari beberapa jenis holder untuk iPhone disini.

8. Gunakan software bantuan

Kamu bisa gunakan beberapa software namun kebanyakan berbayar. Karena software ini mengakses kontrol kamera. Jadi dengan software ini kamera dapat di kontrol secara manual. baik itu bukaan dan panjang fokus layaknya kamera DSLR.

Contoh aplikasinya adalah DSLR Camera

9. Gunakan lensa tambahan

Untuk hasil yang maksimal membeli lensa tambahan yang sedang ngetrend akhir-akhir ini tidak ada salahnya. Silakan saja kamu beli asalkan tepat membelinya. Jangan sampai kamu ingin macro tapi belinya yang fish eye.

Kamu bisa beli lensa untuk macro disini.

10. Gunakan software edit foto

Ini adalah cara terakhir untuk dapatkan foto macro yang dramatis. Yaitu edit foto biasa. Dengan catatan foto biasa tersebut memiliki kerapataan pixel yang baik dan warna yang tidak terlalu kontras.

Untuk aplikasinya kamu bisa gunakan Bokeh Lens.

Pada dasarnya photo macro itu akan maksimal jika pengambilan memperhatikan hal -hal berikut ini:

  • Menggunakan aperture sempit, penggunaan aperture f/8 keatas akan menghasilkan foto macro yang baik. namun itu jika kamu menggunakan kamera DSLR. Dan jika menggunakan iPhone maka cukup biarkan default.
  • Jangan menggunakan iso yang terlalu tinggi. Iso yang tinggi akan mengurangi ketajaman foto.
  • Gunakan holder atau gimbal agar iPhone tidak goyang. karena ruang yang sempit akan menyusahkan kamera untuk melakukan fokus. Hal itu akan berdampak semakin buruk jika kamera goyang.
  • Jika perlu gunakan bantuan lampu flash. Menghasilkan foto macro dengan pencahayaan alami tentu akan sangat memuaskan. Namun jika terlalu susah untuk mendapatkannya maka menggunakan cahaya tambahan akan membantu hal itu.
  • Gunakan manual focus. manual focus pada tips diatas dapat dilakukan dengan software.

Demikian tips hari ini. Semoga bermanfaat dan kamu terus ber experimen untuk menghasilkan foto macro menggunakan kamera iPhone.

Tags: #kamera iPhone #maro

  1. 10 kelebihan iPhone 7 yang membuat merek lain gigit jari4 years ago

    […] kemarin kamu menyimak beberapa artikel yang kami tulis di situ ada beberapa tips untuk memaksimalkan macro pada iPhone nah iPhone 7 tidak memerlukan itu semua karena secara default iPhone 7 sudah memiliki kemampuan […]

    Reply
  2. Pilih Mana iPhone Garansi Distributor, Internasional Atau Resmi Indonesia?4 years ago

    […] satu yang paling dicari oleh para pecinta foto adalah dengan kelebihan kameranya yang lebih spesial dari android, oleh sebab itu banyak yang mencari iPhone. Selain kamera yang […]

    Reply

Leave a reply "10 Tips maksimalkan macro dengan kamera iPhone tanpa perlu keahlian khusus"

Author: 
khedi
Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.