4 Aplikasi iPhone Terbaik Untuk Pelajar Yang Membantu Makin Pintar

77 views

Punya iPhone versi paling baru, tidak hanya bisa untuk bermain game atau mendukung eksistensimu di media sosial. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk membantumu belajar dan membuatmu makin pintar. Beberapa aplikasi untuk ponsel pintar dengan basis sistem operasi iOS, sengaja dibuat memberikan edukasi untuk menambah wawasan dan melatih kecerdasan otak. Buat para pelajar, 7 aplikasi edukatif berikut ini wajib ada di iPhone terbarumu:

aplikasi terbaik iPhone

  1. Free Graphing Calculator

Kurikulum pendidikan yang terus berganti membuat materi belajar di sekolah semakin menantang dan cukup sulit dikerjakan. Meski sulit namun tidak berarti membuatmu menyerah untuk terus belajar. Dengan dukungan pihak sekolah dan aplikasi Free Graphing Calculator, pelajaran matematika di sekolah semakin mudah dipelajari. Fitur aplikasi Free Graphing Calculator ini sangat lengkap untuk memastikan kamu dapat memanfaatkan semua fiturnya dengan maksimal.

Beberapa fitur Free Graphing Calculator yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar matematika adalah kalkulator. Bukan kalkulator biasa melainkan kalkulator dengan fungsi lengkap sehingga dapat membantumu untuk operasi hitung aritmatika dan banyak operasi hitung lainnya. Selain itu Free Graphing Calculator ini juga dilengkapi dengan rumus lengkap quadran Sin Cos Tan, dan masih banyak lagi rumus matematika lainnya.

Fitur matematika lainnya yang terdapat di dalam Free Graphing Calculator adalah converter. Dengan fitur ini kamu dapat melakukan konversi data yang meliputi jarak, tekanan, volume hingga energi dan suhu. Kamu juga bisa memanfaatkan Free Graphing Calculator untuk membuat grafik dengan koordinat polar, intersection hingga parametric equations yang cukup rumit, namun dengan aplikasi Free Graphing Calculator semakin mudah dilakukan.

  1. Pomodoro

Saat beban belajar di sekolah semakin bertambah, konsentrasi dan fokus belajar sangat diperlukan untuk membuat kegiatan belajarmu semakin efektif. Sayangnya untuk fokus dan konsentrasi tidak mudah dilakukan saat beban pelajaran dan tugas semakin menumpuk. Jangan cemas karena ada aplikasi Pomodoro yang akan membantumu berlatih fokus dan konsentrasi sehingga kegiatan belajar yang kamu lakukan menjadi lebih efektif.

Inti dari fokus dan konsentrasi adalah manajemen waktu yang tepat. Kamu tidak akan fokus dan konsentrasi mengerjakan soal ujian atau pelajaran jika tidak memiliki manajemen waktu yang baik untuk dapat menyelesaikannya tepat waktu. Pomodoro bekerja dengan prinsip manajemen waktu untuk membantumu fokus dan konsentrasi. Dimulai dengan cara memilih tugas yang dikerjakan dan mengatur waktu pengerjaan selama 25 menit.

Setelah 25 menit hentikan mengerjakan tugas dan ambil istirahat 5 menit. Mulai kembali mengerjakan tugas hingga 4 kali sesi dengan istirahat lebih panjang 20 menit. Latihan ini membantumu untuk terus fokus dan konsentrasi pada materi pelajaran dan soal ujian. Waktu istirahat juga dibuat cukup sehingga daya imajinasi dan kreatifmu tetap terjaga. Jika latihan ini kamu lakukan secara rutin, kamu dapat belajar hingga mengerjakan soal dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Quizlet

Belajar di sekolah bisa jadi sangat membosankan karena dilakukan secara pasif satu arah. Materi pelajaran yang hanya berasal dari guru di depan kelas, membuat sisi kreativitasmu tidak muncul. Jika dibiarkan, kebosanan ini akan membuatmu malas belajar. Untuk menyiasatinya kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi Quizlet yang akan membuatmu belajar dengan memanfaatkan flash card sehingga materi belajar semakin menarik dan tidak membosankan.

Cara belajar menggunakan flash card ini sangat efektif untuk kamu yang duduk di bangku sekolah. Quizlet memastikan kamu dan teman-temanmu para pelajar lainnya dapat mengakses jutaan kartu flash yang berisi bermacam-macam materi belajar di sekolah. Keunggulan aplikasi Quizlet ini karena dapat digunakan secara offline. Untuk belajar dengan Quizlet kamu tidak perlu menunggu wifi dulu. Selain itu belajar dengan Quizlet dapat dilakukan kapanpun kamu mau.

Quizlet dilengkapi dengan gambar bersuara yang akan membuatmu mudah memahami dan mengingat materi belajar yang diberikan. Terdapat fitur 18 bahasa asing yang akan membantu untuk menyempurnakan pengucapanmu. Ada juga fitur Learn yang akan menguji seberapa baik ingatanmu terhadap materi belajar yang diberikan. Untuk melatih level kemampuanmu, Quizlet juga memiliki fitur Match yang dapat kamu manfaatkan untuk bermain namun tetap belajar.

  1. Memrise

Tidak hanya matematika saja yang menjadi pelajaran menyulitkan di sekolah. Belajar bahasa Inggris bisa jadi cukup merepotkan terutama saat harus belajar grammar dan pengucapan. Jika banyak pelajar harus datang ke tempat les untuk belajar, kamu cukup memanfaatkan iPhone terbarumu untuk belajar bahasa Inggris lebih mudah di mana saja. Tidak harus ke tempat les, kamu bisa belajar bahasa Inggris di rumah dengan Memrise.

Aplikasi Memrise ini tidak akan membantumu belajar bahasa Inggris dengan metode bermain dan juga native speaker. Dengan bermain belajar bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan mudah diingat. Fitur Memrise sangat lengkap untuk membuat belajar bahasa Inggris semakin mudah. Salah satu fitur andalah Memrise adalah Review and Strengtenth untuk mengulang kembali materi balajar sebelumnya sehingga kamu tidak lupa dengan yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Memrise juga memiliki fitur Difficult Word untuk menantang kemampuanmu berbahasa Inggris. Jika kata yang diberikan semakin sulit, maka kemampuanmu juga semakin terlatih. Untuk kamu yang masih merasa kurang sempurna dalam pengucapan, Memrise juga menyediakan fitur Listening Skill yang akan membantu pengucapan sekaligus melatih kemampuanmu mendengar. Tidak hanya bahasa Inggris, namun Memrise juga membantu belajar bahasa asing lainnya seperti Korea, Jerman, Mandarin, Prancis dan juga Portugis.

Tags: #aplikasi iPhone #memrise #pomodoro #quizlet

Leave a reply "4 Aplikasi iPhone Terbaik Untuk Pelajar Yang Membantu Makin Pintar"

Author: 
khedi
Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.