Pengalaman menghafal al-Quran menggunakan aplikasi untuk HP iPhone dan android. Kamu harus coba

Sedang berusaha menghafal Alquran dan merasa kesulitan? mungkin artikel di bawah ini akan membantu karena yang dibagikan ini pengalaman pribadi dari saya.

Jujur saja sebelum saya pada tahap ini saya merasa menghafal Alquran itu sangat susah karena Saya membayangkan ada 114 surah yang masing-masing memiliki jumlah ayat yang berbeda-beda. Dan ketika Saya membayangkan akan masuk menghafalkan surat Al Baqarah bayangan itu langsung hilang karena seolah tidak mungkin.

Dengan jumlah lembaran yang begitu banyak harus dihafalkan dan saya sangat salut sekali ketika itu dengan orang-orang yang berhasil menghafalkan Alquran. Dan dari situ saya mulai berfikir ketika mereka bisa kenapa saya tidak bisa.

Ketika saya memulai menghafalkan ayat demi ayat namun saya memulai dari bagian paling akhir dari surat al-quran yaitu surat an-nas yang pendek-pendek yaitu di Juz Amma. Di situ terdapat banyak sekali surat-surat pendek yang kelihatannya mudah untuk dihafal kemudian saya mulai menghafalkannya ayat demi ayat namun hasilnya kurang begitu memuaskan.

Kurang lebih hanya sekitar 10 surat yang berhasil saya hafalkan dengan baik tentu saja dengan panjang pendek yang terpenuhi Meskipun tidak 100% benar. Dan kesimpulannya sangat susah sekali menghafal Al Quran.

Mungkin setiap orang berbeda-beda jadi istilahnya ada orang yang menghafalkan dengan mudah dan ada orang yang menghafalkan dengan susah.

aplikasi untuk hafalkan al quran

Pada akhirnya

hingga pada akhirnya ketika saya sedang membuka media sosial, Saya melihat sebuah video yang menarik perhatian saya. video dari anak Ustad Yusuf Mansur yaitu Wirda Mansur.

Saya tertarik untuk melihat video tersebut Jujur saja karena saya melihat ini adalah anak Yusuf Mansur Kemudian saya melihat ke bagian cover videonya wanita yang cantik. Kemudian saya memulai membuka dan memutar video tersebut dan ternyata dalam video tersebut Wirda Mansur menjelaskan Bagaimana cara menghafal Al Quran sesuai dengan apa yang dia lakukan.

Sebenarnya dia membahas beberapa hal yang dipraktekkan dalam lafal al-qur'an yaitu diantara dia mengulang satu ayat hingga 60 kali dan itu dia melakukannya dengan 5 ayat perhari dan masing-masing ayat diulang selama 60 kali.

Ketika saya melihat bagian pertama dari video tersebut yaitu tips yang diberikan oleh wirda saya langsung kepikiran bahwa tidak mungkin karena saat ini saya sok sibuk.

...ya saya bekerja di sebuah perusahaan biasanya berangkat pagi dan pulang malam jadi saya pikir kapan saya akan berhasil mengulang satu ayat 60 kali dan alhamdulillah ketika Wirda Mansur menjelaskan tips-tipsnya di bagian terakhir dia menjelaskan sesuatu yang memang sangat bermanfaat untuk saya dan saya ceritakan dalam posting kali ini. Yaitu Wirda Mansur menggunakan sebuah aplikasi atau dia menyarankan aplikasi yang dibuat oleh perguruan tinggi Arab Saudi yaitu Ayat.

Untuk review aplikasinya sendiri Saya sudah menjelaskan pada artikel aplikasi untuk menghafal Al Quran.

Aplikasi ini bisa diinstal iOS itu iPhone iPad dan juga Android jadi sangat membantu sekali dan di bawah ini adalah pengalaman saya menggunakan aplikasi tersebut.

Pengalaman menggunakan Ayat

Awal menggunakan aplikasi ini saya menggunakan secara default Qori adalah huthaify kemudian semuanya default kecuali untuk terjemahnya. Terjemahannya saya menggunakan bahasa Indonesia tentu saja dan untuk tulisan Arab nya sendiri saya biarkan secara default.

Kemudian saya memulai untuk menghafalkan surat Al Muzzammil Alhamdulillah berhasil dalam waktu beberapa minggu, kemudian dilanjutkan dengan surat Al Jumuah berhasil dalam waktu beberapa minggu dan kemudian ada surat al-mulk kurang lebih dalam waktu beberapa minggu dan yang terakhir adalah surat ar-rahman ini berhasil dihafalkan dalam waktu kurang lebih 1 bulan.

Saya pikir itu adalah prestasi yang sangat menyenangkan bagi seorang yang pekerja kemudian tidak mendatangi Majelis Taklim dengan rutin namun bisa dengan mudah saya bilang ini mudah.

Saya tidak begitu banyak berkorban meluangkan waktu dan tenaga hanya saja niat yang sedikit sungguh-sungguh.

Bagaimana Saya melakukannya?

Jika kamu orang yang memiliki kesibukan seperti saya yaitu berangkat pagi sebelum matahari terbit dan pulang malem setelah matahari tenggelam, kamu bisa mengikuti tips yang saya lakukan di bawah ini.

1. Yang pertama adalah gunakan aplikasi ayat dan download disini untuk iPhone, iPad dan disini untuk android.

2. Sasar Surah yang kamu kehendaki. Pilih qori yang kamu sukai. Kalau saya suka Mishari al-efasi.

3. Putar dan dengarkan untuk 3 hari. Kamu bisa mendengarkan surah tersebut sambil berangkat kerja dan pulang kerja.

Kalau saya biasanya saya putar dan di ulang 30/20 kali. untuk satu surah.

4. Di hari ke-empat mulai menghafal (luangkan waktu untuk baca) ayat satu sampai 5. Caranya buat perulangan dari ayat satu sampai lima dan masing-masing ayat di ulang 5 kali. Baca plus didengarkan.

Biarkan aplikasi jalan untuk satu ayat di ulang sampai 5 kali, baru setelah itu kita coba menirukannya sambil baca. Dan di hafalkan.

Kenapa harus sambil baca untuk langkah ke -empat ini? karena kadang apa yang kita dengar kurang jelas huruf apa. Misal antara shad, syin, tsa.

5. Hari berikutnya Saat perjalanan kerja lanjutkan mendengarkan ayat satu sampai 5 untuk melancarkan.

6. Kemudian pada saat perjalanan pulang dengarkan ayat 6 sampai 10 dan diulang 30 kali masing-masing ayat di ulang 5 kali.

7. Setelah sampai di rumah dan sudah beres mandi makan dan lain-lain lanjutkan menghafal dengan membaca ayat 6 sampai 10 yang tadi didengarkan.

8. Untuk cara melakukan setting perulangan dan lainnya silakan baca pada artikel kami kemaren yaitu review aplikasi untuk menghafal al-quran.

Untuk nada, panjang pendek dan lainnya ikuti saja qori tersebut. Karena para qori sudah di jamin benar dalam membacakannya.

8. Lakukan itu sampai surah selesai. Jika perlu lakukan itu sampai 30 juz alquran.

itu dia yang apa saya lakukan ketika berusaha untuk menghafalkan Alquran dan sampai saat ini masih terus coba saya lakukan. Sembari Saya membagi tips yang mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca semua.

Sehingga ketika pembaca mungkin selesai terlebih dahulu daripada saya maka harapan saya, akan mendapat bagian dari apa yang pembaca lakukan. Begitu juga ketika pembaca sudah bisa menghafalkan kemudian menyelesaikan 1 Alquran kami harap bisa membagikan tips nya.

Jika mungkin memiliki tips yang berbeda dengan apa yang saya bagikan kamu bisa membagikannya melalui media manapun kepada siapapun dan segenap team khedisfile.com akan sangat senang sekali Jika kamu berkenan untuk membagikannya di website ini dengan menuliskan di bagian comment. Demikian dari saya terimakasih.

Tags: #aplikasi menghafal al-quran

  1. Avatar

    indasusanto6 months ago

    saya ibu rt umur 56 sdh punya cucu. mulai menghafal dari Al Baqarah. saya suka ayat2 yg panjang. mungkin karena dari kecil suka baca dan dengar dongeng2 jadi saya suka banget Al Baqarah. saya hafalkan dari galaxi tab. hurufnya besar berwarna dari aplikasi my Quranku. enak bacanya Alhamdulillah sebelum baca arabnya baca dulu terjemahannya. jadi pas baca arabnya seneng karena sudah memahami maknanya.

    Reply

Leave a reply "Pengalaman menghafal al-Quran menggunakan aplikasi untuk HP iPhone dan android. Kamu harus coba"

Author: 
khedi
Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.