Aplikasi terbaik untuk ramadhan mulai dari jadwal sholat sesuai wilayah indonesia sampai tempat makanan buka puasa

Sedang mencari aplikasi yang bisa mengingatkan ketika waktu shalat dan berbuka puasa serta memberikan arah yang tepat terhadap kiblat? Kemudian Memberikan bermacam-macam doa-doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan ini.

Kami akan coba membahas beberapa aplikasi terbaik yang bisa digunakan di bulan yang penuh berkah menurut pengalaman kami.

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia di zaman modern ini tidak lepas dari yang namanya smartphone. Jadi setiap saat mulai dia bangun tidur sampai dia akan tidur sepanjang hari teman dengan smartphone. Hal itu tidak sepenuhnya buruk bahkan beberapa hal dipandang menjadi sesuatu yang baik ketika dimanfaatkan dengan cara yang benar. Seperti contohnya ketika sebuah smartphone di instal aplikasi aplikasi keagamaan yang tepat maka akan membawakan manfaat dan nilai positif tersendiri terutama di bulan Ramadan kali ini.

aplikasi untuk ramadhan

Smartphone tidak sepenuhnya buruk

Ketika kita mendengar banyak orang tua yang mengatakan bahwa smartphone memberikan dampak negatif terhadap generasi muda, memang itu ada benarnya. Ketika smartphone itu digunakan untuk hal-hal yang mubazir dan tidak memiliki manfaat seperti digunakan untuk menghabiskan waktu bermain game yang tidak menghasilkan sesuatu atau digunakan untuk aktivitas-aktivitas media sosial yang tidak mendatangkan manfaat dan hanya membuang waktu. Bahkan jika smartphone itu digunakan untuk mengeksploitasi hal-hal yang buruk seperti kontent negatif, hoax dan lainnya maka inilah yang disebut dengan smartphone membawa dampak buruk 100%.

Namun akan menjadi berbeda ketika Smartphone Ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki pikiran yang jernih hati yang baik serta kedewasaan yang tinggi seperti kamu teman-teman yang sedang membaca. Maka smartphone itu akan memiliki banyak sekali manfaat dan bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai generasi muda. Khususnya bagi kaum muslimin dan sedang melalui bulan Ramadan yang penuh dengan Berkah ini.

Smartphone yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk mengingatkan Kapan waktu shalat dan mengingatkan kapan waktunya berbuka puasa. Kemudian smartphone kamu juga bisa digunakan untuk mengetahui arah kiblat memberikan berbagai macam doa-doa. Kemudian menghadirkan kitab suci Alquran ke dalam genggaman kamu sehingga kamu bisa membacanya setiap saat dengan mudah. Kemudian memberikan kutipan kutipan hadist yang menginspirasi setiap kehidupan keseharian kita.

Untuk itu kali ini kami akan membagikan aplikasi yang bisa membuat smartphone kamu memiliki manfaat dan mempermudah aktivitas kamu sehari-hari khususnya di bulan Ramadan kali ini.

Cara memanfaatkan smartphone di bulan ramadhan

1. Memanfaatkan smartphone untuk mengingatkan waktu sholat dan berbuka puasa

Kali ini saya akan menyarankan kamu untuk menginstal sebuah aplikasi yang disebut muslim pro ini adalah aplikasi yang terkenal dan kamu bisa melihatnya di banner-banner gojek yang berseliweran di jalanan. Karena memang muslim pro memiliki niat yang besar untuk bisa hadir dalam masyarakat Indonesia maka dia melakukan promosi di berbagai media termasuk yang sering kita lihat di dalamnya itu di Banner spesi Clan yang ada pada motor gojek.

Kenapa untuk mengingatkan sholat dan waktu berbuka Saya merekomendasikan muslim pro? karena menurut pengalaman saya muslim pro memiliki keakuratan yang baik terhadap waktu salat yang berlaku di Indonesia. Semisal berada di Jakarta maka musim from mampu mengakses Resource yang berlaku di lokal tempat tersebut jadi ketika muslim pro mengingatkan waktu salat maka pengingat tersebut berbarengan dengan waktu salat di masjid-masjid di daerah di Indonesia. Hal ini berbeda ketika kita menggunakan beberapa aplikasi yang lain yang terkadang waktunya lebih cepat atau lebih lambat dengan masjid-masjid di sekitar kita.

Sebenarnya muslim pro ini bukan hanya aplikasi yang memiliki fungsi pengingat waktu salat. Namun ada banyak sekali fitur yang dibawa oleh aplikasi ini.

Apalagi jika kita melakukan purchase menjadi aplikasi berbayar di antaranya ada mengetahui lokasi masjid, mengetahui arah kiblat, mengetahui tempat-tempat yang menjual makanan halal, kemudian ada juga Alquran digital, kemudian kumpulan doa-doa dan banyak lainnya. Namun kali ini saya merekomendasikan teman-teman untuk menggunakan aplikasi ini dalam hal  mengingatkan waktu salat karena memang memiliki kelebihan keakuratan waktu. Untuk fitur-fitur yang lain secara pribadi saya kurang menyukai dan sapi menyukai untuk menggunakan aplikasi yang lain.

2. Memanfaatkan smartphone untuk lebih banyak membaca al-quran

Seperti yang kita ketahui membaca Alquran sangat dianjurkan di bulan Ramadan untuk dilakukan sesering mungkin dan sebanyak-banyaknya. Karena memang memiliki pahala yang besar. Dengan adanya smartphone maka kita bisa melakukan aktivitas tersebut dengan mudah karena saat ini telah banyak sekali aplikasi al-quran digital termasuk yang saya Sebutkan diatas yaitu muslim pro. Namun secara pribadi saya tidak menyukai fitur Alquran digital yang ada pada muslim akan tetapi saya lebih menyukai untuk menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Universitas Kerajaan Arab Saudi yang diberi nama ayat .

Saya telah melakukan review terhadap aplikasi ini sebanyak dua kali yaitu pertama menghafal Alquran dengan aplikasi ayat kemudian cara terbaik untuk menghafal Alquran menggunakan Smartphone.

Aplikasi ayat ini memiliki tampilan yang natural Jadi mirip seperti Alquran cetak dan hurufnya pun sangat faMiliar untuk kita jadi lebih mudah untuk di baca. Dan komposisi antara besar kecil huruf dengan layar menurut saya sangat pas sehingga Aplikasi ini sangat recommended untuk digunakan sebagai media membaca Alquran. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur fitur lain diantaranya adalah fitur suara kemudian tajwid dan juga fitur menghafal yang keseluruhan fitur tersebut menurut saya sangat bermanfaat.

3. Demanfaatkan smartphone untuk mengamalkan Do'a-Do'a harian

Fitur doa sehari-hari ada dalam aplikasi Muslim Pro namun saya lagi-lagi kurang menyukai dengan cara muslim pro menampilkannya. Meskipun sangat lengkap namun saya kurang menyukai tampilan yang disuguhkan oleh Muslim Pro Untuk itu saya lebih menyukai menggunakan aplikasi yang disebut Kumpulan Do'a & Dzikir.

Aplikasi yang disusun oleh Noval Agung Prayogo ini memiliki tampilan yang menarik di pandang dengan Dominasi warna biru serta komposisi huruf dan tulisan arab-nya itu pas menurut saya. Jadi aplikasi ini lebih mudah untuk dimanfaatkan dan dibaca doa-doa yang ada di dalamnya.

Untuk kumpulan doanya sendiri sangat lengkap disusun secara listing mulai dari doa sehari-hari dzikir pagi dan petang kemudian doa-doa yang lain juga tersedia di sana. Fitur yang lainnya adalah a doa tersebut bisa dimunculkan suara suaranya sehingga kita bisa mendengarkan doa-doa tersebut. Aplikasi ini juga memiliki fitur mengingatkan dan memberikan inspirasi catatan-catatan positif di setiap saat sebagai sebuah notifikasi yang akan mengingatkan kita semua terhadap hal-hal yang penting dalam urusan agama.

Itu dia Aplikasi terbaik untuk ramadhan yang secara garis besar yang menurut saya smartphone itu memiliki manfaat untuk mempermudah dan meningkatkan kehidupan kita sebagai generasi muda. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa perkataan orang tua kita mengenai smartphone membawa dampak buruk bisa saja lebih dominan jika kita tidak bisa mengendalikan hawa nafsu yang bisa lebih besar memunculkan dampak buruk dari smartphone tersebut.

Oleh karena itu menimba ilmu agama yang benar menjadi pondasi kita dalam memanfaatkan segala sesuatu yang baru di era modern saat ini Sekian dari kami terima kasih dan selamat berpuasa.

Tags: #aplikasi #kiblat #muslim #puasa #ramadhan #sholat

Leave a reply "Aplikasi terbaik untuk ramadhan mulai dari jadwal sholat sesuai wilayah indonesia sampai tempat makanan buka puasa"

Author: 
khedi
Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.