Android vs iPhone bagus mana? wawancara terhadap pengguna android dan iPhone

Ada dua orang yang akan menemukan artikel ini, pertama sedang bingung pilih iPhone atau android. Pilih iPhone tapi duwit pas-pasan. Pilih android mereknya pemain baru semua.

Sebenarnya jika kamu mencari solusi untuk masalah diatas jawabannya sangat mudah. Saya memang menggunakan android dan iPhone, bahkan bergonta-ganti jenis dan tipe. Mula tahun 2012 dan hingga sekarang. Bukan hobi gonta-ganti namun rasa ingin tahu kadang mengalahkan segalanya. Sehingga sebenarnya saya tidak perlu mewawancarai seseorangpun untuk membahas topik kali ini. Namun kadang pendapat orang beda-beda itu yang mengharuskan menangkap semua pendapat yang mungkin ada.

Baik kita mulai saja melihat bagaimana iPhone dan android bisa menjadi perdebatan.

iPHone vs android

Mengenal iPhone

Kalian pasti sudah tahu apa itu iPhone, Smartphone ber-logo buah apple croak itu memang menjadi idaman banyak orang, terutama mereka yang cenderung memiliki uang lebih dan para pebisnis muda. Meski tidak selalu dan kini abg muda pun sudah banyak yang menggunakan iPhone. Namun memang dulunya iPhone hanya dimiliki oleh mereka yang ber duwit. Sehingga melekat image bahwa yang memiliki iPhone mendapat label orang kaya. Dan banyak yang berusaha memiliki iPhone agar dibilang orang kaya.

Itu dulu, sekarang? mungkin banyak yang menyangkal pendapat tersebut namun jika kita tanya pada hati kecil mereka yang menginginkan iPhone pasti masih tersirat yang demikian. Tak apa, itu sah-sah saja. Dan buktinya banyak orang bukan hanya menginginkan iPhone bahkan stiker apple croak pun laris manis.

iPhone adalah smartphone dari pabrikan apple yang berasal dari USA. Namun kebanyakan iPhone di desain di california (USA) dan di rakit di china. iPhone menggunakan sistem operasi sendiri. Yaitu IOS hal ini membuat iPhone memiliki ekosistem aplikasi sendiri. Hal ini membuat banyak aplikasi android tidak bisa di install di iPhone atau sebaliknya. Selain itu iPhone juga tidak banyak memiliki tipe dan keluar versi terbaru paling lama setahun sekali. Jadi akan sangat mudah menemukan iPhone.

Beberapa hal dibawah ini adalah ciri-ciri dari iPhone;

  • - Harga mahal, Ketika mendengar iPhone maka kebanyakan orang akan mengatakan harga yang mahal. Ini bukan sekedar berita namun memang kenyataannya seperti itu. Jika kita melihat iPhone terbaru yang bisa di beli di indonesia memiliki harga paling murah Rp 4500000. Itu bukan iPhone terbaru melainkan iPhone 6 yang notabenya adalah iPhone yang keluar di tahun 2014. Kamu bisa bayangkan di tahun 2014 kamu dapat android apa? dan mungkin android 2014 sudah tidak ada lagi saat ini bahkan untuk kondisi second. Nah iPhone 6 masih tersedia dengan kondisi baru dan memiliki harga yang menengah.
  • iPhone 2014 saja dihargai 4.5jt lalu bagaimana dengan iPhone terbaru 2018? jika kamu update posting kami kemaren kami telah mengulas mengenai iPhone terbaru 2018.
  • - Dibuat di china, ada sebagian orang sangat anti dengan negara tersebut. Sehingga tidak jarang mereka menghindari produk yang dibuat di sana. Dan banyak presepsi bahwa iPhone ada yang dibuat di china dana ada yang dibuat di amerika. Sejauh pengetahuan penulis iPhone di desain di amerika dan di rakit di china.
  • - Banyak rekondisi, ketika saya berstatement pada point nomer satu yaitu harga iPhone mahal, maka akan banyak yang bertanya. "Tapi saya dapet iPhone 1.5jt-an?"
  • Itu namanya produk rekondisi atau black market. Siapa yang akan menjamin keasliannya? jadi jangan tanyakan hal itu lagi. Untuk referensi harga produk apple ori silakan merujuk pada reseller autorized apple atau melalui toko online disni.
  • - Menggunakan sistem operasi iOS, ini adalah sistem operasi khusus iphone. Jadi berbeda dengan android. Namun memiliki tujuan yang sama. Bahkan ekosistemnya-pun hampir sama. Kita bisa lihat sekarang bahwa aplikasi yang ada di android ada juga di iPHone. Meski tidak semua. Namun untuk aplikasi ternama seperti facebook, instagram dkk, ada di iPhone.
  • - Mitos aplikasi iPhone berbayar, saya sudah menjelaskan dalam artikel apakah aplikasi iPhone berbayar? dalam posting tersebut saya menjelaskan dengan jelas bahwa antarar android dan iPhone memiliki kesamaan dalam hal toko aplikasinya. Android juga memiliki versi berbayar dari aplikasi yang terpanjang di play store sedangkan iPhone pun demikian.
  • - Daftar account susah dan berbayar, ada kalanya di beberapa forum menyebutkan bahwa untuk memiliki account di icloud yang notabenya account untuk berbagai aktivitas di iPhone berbayar. Padahal hanya dengan account tersebut kita bisa download berbagai aplikasi. Namun hal itu tidak benar. Jika kamu membeli iPhone baru sudah dapat di pastikan kamu mendapatkan satu account secara cuma-cuma. Meskipun ada yang menemui harus menyertakan metode pembayaran namun dengan sedikit trik hal tersebut bisa di lewati dengan mudah.
  • -Awetnya minta ampun, ini bukan hal yang berlebihan kalau iPhone itu awet. Saya mengalaminya sendiri. Mulai dari tahun 2012 sampai sekarang tetap setia dengan iPhone 5S dan sampai sekarang masih dapat OS terbaru. Mungkin jika kita bandingkan dengan android aka pada tahun 2012 smartphone yang paling terkenal adalah dari jajaran sony.
  • Dan kini sony sudah menjadi barang antik. Seandainya masih ada yang punya mungkin sudah tidak kompatibel lagi untuk di operasikan dan bersanding dengan saudara satu android.

Beberapa hal dibawah ini adalah ciri-ciri android

  • - Harganya murah, meskipun ini bukan jaminan namun dengan uang rentang satu sampai 2 juta sudah bisa dapatkan smartphone android dengan spesifikasi yang mumpuni.

Sebagai contoh saya merekomendasikan jajaran smartphone terbaik di tahun 2018 ini . Atau gadget pilihan kami adalah nokia 6 yang memiliki harga semakin turun namun bagi kamu yang mengetahuinya ada banyak keunggulan yang dimilikinya. Coba cek spesifikasinya disini.

  • -Aplikasi sangat banyak. Tidak dapat dipungkiri memang ada banyak aplikasi yang ada di android namun tidak ada di iPhone. Hal ini tidak lain karena proses development software di android tergolong simpel dan mudah. Selain itu faktor gratis pun mempengaruhi komunitas yang ada.
  • -Banyak spam, faktor banyaknya aplikasi yang bisa di install di android bahkan tanpa melalui playstore membuat android menjadi system yang paling empuk untuk dimanfaatkan programmer nakal. Meskipun android adalah system yang aman namun terkadang para penjahat memanfaatkan kelalian pengguna. Sehingga para penjahat memanfaatkan celah pengguna bukan celah dari android.
  • -Banyak macam dan mereknya. Android seperti sebuah kueh. Dimana semua orang bisa membuatnya. Google selaku pemilik android mengijinkan pabrikan membuat perangkat dan mengadopsi android sebagai system operasinya. Sehingga kita kini bisa melihat berbagai merek HP namun dengan system operasi yang sama yaitu android.
  • -Mudah hang, ini adalah keluhan lain para pengguna android kelas menengah kebawah yakni HP sering hang. Semisal merek sebelah banyak dikeluhkan oleh penggunanya akan terjadinya mati mendadak. Namun karena kebutuhan konsumen akan smartphone sudah menjadi primer, meskipun berulang kali mati tetap dibeli.
  • Lalu bagus mana antara adroid dan iPhone?

  • Jika kita berbicara kualitas secara keseluruhan penulis memilih antara android dan iPhone maka lebih bagus iPhone. Selain awet, kemudian dukungan update OS sampai 5-6 th. Kemudian faktor gengsi juga berpengaruh.
  • Namun dengan syarat memori iPhone minimal 64GB.
  • Kenapa demikian? karena jika memori iPhone 16/32GB maka akan sering mengalami memori penuh.
  • Adapun untuk android penulis menyukai karena kompatibelitasnya yang baik. Kita bisa gunakan android layaknya komputer windows. Kita menguasai perangkat lebih dan lebih.
  • Pilih iPhone yang mana?

  • Setelah tahu iPHone lebih bagus dari segi kualitas jika dibanding android maka sekarang saatnya pilih iPhone. Langsung saja silakan pilih iPhone 5S jika kamu tidak memiliki banyak budget. Kemudian pilih iPhone 6 jika menginginkan iPhone murah dan masih tersedia stock baru dari apple.
  • Adapun iPhone 6S keatas silakan di beli jika memiliki banyak uang. Seri lebih tinggi tentu akan lebih baik.

Tags: #android #iphone #iPhone 5s

  1. Avatar

    Firman Nur Shiddiq1 year ago

    Ana penggemar setia Android, khususnya Samsung, jdi bagi ana Android lebih baik daripada iPhone, dilihat dari segi variant & model (terutama layar), Android lebih banyak variantnya, dan dari segi modelnya lebih menarik, dan tentunya harganya yang terjangkau semua kalangan.

    Reply
  2. Avatar

    ringtonesdump.com8 months ago

    Sementara untuk pengguna perangkat berbasis Android, jumlah pengguna terbesarnya berada di wilayah negara bagian New Mexico, Iowa, dan Delaware, yang mana tingkat presentase lulusan perguruan tingginya lebih rendah.

    Reply

Leave a reply "Android vs iPhone bagus mana? wawancara terhadap pengguna android dan iPhone"

Author: 
khedi
Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.